Aroma Wewangian Ciptakan Rasa Betah Ketika di Rumah

Scroll down to content

Selama masa-masa pandemi yang mengharusnya kita berada di dalam rumah, tentunya tak lepas dari kenyamanan dari rumah itu sendiri. Pernahkan kamu mengalami atau mencium bau tak sedap di rumahmu? Entah itu mungkin berasal dari kamar mandi, dapur, ruang tempat cuci baju, atau teras. Bau tak sedap memang membuat suasana rumah menjadi tidak nyaman. Selain tidak nyaman dicium juga dapat membuat penghuni rumah tidak betah. Untuk itu, penting membuat suasana rumah menjadi nyaman dan bebas dari aroma tidak sedap. Berikut adalah area-area rumah yang biasanya menjadi rawan bau dan cara mengatasinya.

  • Wastafel Dapur dan Kamar Mandi

Terkadang pembuangan pada wastafel dapur dan kamar bisa mengeluarkan aroma tidak sedap. Hal ini bisa terjadi karena ada cairan-cairan menempel pada dinding pembuangan sehingga menimbulkan aroma bau busuk. Untuk mengatasinya, kamu bisa bersihkan pembuangan wastafel dengan menggunakan soda api dan air lemon, kemudian biarkan mengalir bersama air.

  • Karpet dan Keset

Biasanya, karpet pada ruang makan dan ruang tamu sering menjadi media tumpahnya makanan atau minuman. Meskipun karpet mampu menyerap berbagai bau tak sedap, tetapi jika dibiarkan lama-kelamaan menimbulkan bau yang khas. Untuk mengatasinya, kamu bisa menaburkan baking soda ke atas karpet dan diamkan selama beberapa waktu kemudian bersihkan dengan penyedot debu.

  • Tong Sampah

Tong sampah merupakan tempat bakteri berkembang biak. Tentu saja, sisa-sisa makanan dari segala bahan bercampur menjadi satu menciptakan bau busuk. Cara mengatasinya adalah membuang sampah setiap hari, mencuci tempat sampah dan menyemprotkan disinfektan untuk membunuh bakteri yang tersisa didalamnya.

  • Dapur dan Ruang Tamu

Biasanya, jika di dapur sedang memasak sesuatu, pasti aroma tercium hingga ruang tamu. Nah, untuk mengatasi ruang tamu yang beraroma tidak sedap, kamu bisa mencoba merebus sisa kulit dari buah-buahan dalam satu panci. Hasilnya, aroma wangi bisa menyebar dan dapat memberikan aroma harum pada ruangan.

Untuk menjaga keharuman pada rumahmu, kamu juga bisa melakukan hal berikut :

  • Meletakkan lilin aromaterapi pada setiap sudut rumah, selain mengharumkan ruangan, lilin aromaterapi juga bisa menyehatkan.
  • Tanaman seperti melati, eucalyptus, dan gardenia juga mengeluarkan aroma wangi. Selain aroma wangi, rumah juga bisa terlihat lebih indah dengan adanya tanaman di ruangan.
  • Menggunakan pewangi ruangan pada beberapa sudut atau ventilasi udara, atau menggantungkan di sekitar AC atau kipas angin sehingga wanginya dapat menyebar.

Percaya tidak percaya, ruangan yang wangi dapat membuat seseorang merasa lebih betah dirumah. Hindari penumpukkan baju di kamar mandi atau kamar tidur agar tidak mengeluarkan aroma tak sedap di ruangan yah. Dengan mempraktekkan hal ini, semoga teman-teman yang #dirumahaja bisa semakin betah!

Photo by Parenting Orami

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: