Trending Saat Pandemi, Inilah Asal-Usul Kopi Dalgona

Scroll down to content

Selama masa pandemi ini, banyak sekali yang bereksplorasi di media sosial mengenai Kopi Dalgona atau Dalgona Coffee. Untuk kamu yang masih bingung apa itu Dalgona, yuk kita bahas. Dalgona merupakan jenis makanan yang awalnya berasal dari Korea sekitar tahun 1970 – 1980an.

Dimana pada tahun tersebut, terjadi perang Korea dan para personel tentara memberikan makanan berbentuk gula-gula kepada anak mereka. Dalgona dalam bahasa korea adalah ppopgi yang artinya adalah makanan yang terbuat dari karamel dan baking powder yang dipanaskan dan membentuk seperti sarang tawon.

Dalgona pada awalnya dikenal sebagai makanan manis yang hanya terbuat dari gula dan air. Pada jaman dahulu, Dalgona dibuat dengan cara mencampurkan gula dengan air dan merebusnya sampai mulai agak kuning. Kemudian dicampurkan dengan baking soda, dan jika sudah mengembang dan mengeras, akan menjadi ringan dan renyah. Rasanya adalah manis diawal dan pahit setelahnya.

Rasa pahit diakhir inilah yang menjadikan Dalgona sangat cocok untuk dipadukan dengan teh susu. Budaya menyajikan teh susu sendiri di beberapa negara memiliki karakteristik masing-masing.

Seiring berkembangnya jaman, Dalgona pun mengalami perkembangan, dengan menambahkan kopi dan dikenal dengai Kopi Dalgona. Kopi Dalgona ini berisikan susu cair dengan foam kopi pekat dengan tambahan gula. Bentuk dari presentasi kopi Dalgona sangat cantik sehingga membuat banyak orang tergiur mencoba bahkan membuatnya sendiri.

Lalu, bagaimana Dalgona bisa terkenal sampai ke Indonesia dan negara lainnya? Hal ini bermula ketika aktor Korea yang bernama Jung Il Woo menunjukkan cara membuat Kopi Dalgona melalui media sosialnya dengan campuran kopi instan, dengan gula dan air, dan mencampurnya sampai menjadi busa.

Cara membuat juga sederhana dengan bahan-bahan yang murah. Yang perlu kamu sediakan adalah alat pengocok elektrik atau electric mixer. Elektrik Mixer ini berguna untuk menghasilkan foam kopi yang kental dan cantik. Bisa saja menggunakan tangan, tetapi kekentalan dari Dalgona menjadi daya tarik. Semakin kental, semakin cantik. Maka dari itu, kamu memerlukan Elektrik Mixer untuk membuat Dalgona.

Rupanya, tidak hanya kopi yang dapat dikreasikan pada Dalgona. Saat ini, banyak orang yang mengkreasikan minuman unik ini dengan macam-macam tipe seperti Dalgona Alpukat, Dalgona Milo, Dalgona Kopi Susu, Dalgona Teh Tarik, dan lainnya. Hayoo, siapa yang tertarik membuat Dalgona versi pribadi? Kamu bisa mencoba membuat Dalgona versi kamu sendiri selagi mengisi waktu luang di rumah. Selamat mencoba!

Photo by Shutterstock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: