Meditasi Menjadi Upaya Kuatkan Tenaga Medis Covid-19

Scroll down to content

Situasi tak menentu di tengah pandemi Covid-19 membuat banyak orang takut dan cemas. Begitu juga berlaku bagi para tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam memerangi pandemi.

Kesehatan mental tak kalah penting dari kesehatan fisik. Meditasi, menurut riset dari Harvard Medical School, dapat menurunkan rasa cemas, depresi, stres, mengurangi peradangan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Corporate Director The Golden Space Indonesia, Helena Abidin menjelaskan, meditasi sangat penting, terutama untuk tenaga medis. The Golden Space merupakan salah satu pusat wellbeing di Indonesia.

“Sebagai garda terdepan, mereka sangat rentan [turut terinfeksi]. Belum lagi kalau perlengkapan [APD] kurang. Maka, kami bantu dari emosi,” kata Helena pada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Sejak pandemi mulai menjejakkan kakinya di Indonesia, masyarakat ‘mengelu-elukan’ para tenaga medis yang dianggap sebagai sosok pahlawan yang kuat. Mereka boleh jadi terlihat kuat dan bersikap profesional, namun bukan tak mungkin jika ada kecemasan dan ketakutan yang juga dirasakan para tenaga medis.

Sesi meditasi daring bersama tenaga medis dilakukan selama satu jam dan diawali dengan sesi berbagi keluh kesah selama 45 menit.

“Di tempat kerja mereka tidak bisa membagikan emosi, semua full bekerja, di rumah juga enggak bisa berbagi ini. Sharing dan meditasi bisa bantu melepaskan emosi,” lanjutnya.

Dalam sharing, Helena berkata, permasalahan yang muncul beragam. Dia menemukan bahwa banyak dari tenaga medis yang takut tertular virus corona. Para tenaga medis juga takut menempatkan keluarganya dalam ancaman Covid-19.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi meditasi selama 15-20 menit. Tenaga medis diajak untuk hening dan melatih pernapasan dengan benar.

The Golden Place Indonesia mengawali kerja sama ini dengan Rumah Sakit Mitra Keluarga dan jaringannya di Surabaya, Cibubur, Bekasi dan Jakarta.

Lebih lanjut, dia berharap agar animo masyarakat semakin besar untuk mencoba meditasi. Meditasi bisa dilatih setiap hari agar pikiran tak serta merta mengontrol tubuh. Pada masa pandemi seperti ini, ketakutan menjadi energi terbesar yang menyebar lebih cepat ke seluruh tubuh.

“Kita perlu masuk ke dalam diri, terkoneksi dengan hati, mind, body, and soul,” imbuhnya.

Sumber : CNN Indonesia
Foto : Shutterstock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: