Terlalu Banyak Konsumsi Kafein? Ketahui Gejala Overdosis

Scroll down to content

Kafein merupakan salah satu zat yang terkandung dalam kopi. Zat kafein memiliki manfaat untuk membangkitkan semangat dan tenaga. Tak heran, beberapa minuman berenergi juga mengandung zat kafein dalam komposisinya. Kafein masih aman dikonsumsi jika masih dalam tahap sewajarnya. Seseorang dapat dikatakan keracunan kafein apabila mengkonsumsi kafein lebih dari 500 miligram setiap hari. Kafein yang berlebih juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan, dimana adanya hormon yang membuat tubuh mempercepat aktivitas pada usus besar, yang bisa menyebabkan diare. Kafein yang melebihi batas normal dapat membuat pembuluh arteri mengkerut dan meningkatkan tekanan darah. Berikut adalah dampak buruk terlalu sering mengkonsumsi kafein :

  • Jika tubuh mengalami overdosis kafein, biasanya seseorang akan mengalami kepanikan yang luar biasa dan rasa cemas berlebih.
  • Kafein mempunyai efek terhadap hormon adenosine dalam otak yang bisa membuat seseorang terjaga dan siaga jika dalam dosis normal. Tapi saat overdosis, hal itu akan membuat vitamin B-6 dan B-12 terdefisiensi yang bisa berakibat kerusakan saraf permanen.
  • Jika jumlah kafein terlalu banyak dikonsumsi, tubuh akan meresponnya sebagai racun. Hasilnya, seseorang akan muntah-muntah untuk mengeluarkan racun tersebut.
  • Semakin sering seseorang mengkonsumsi kopi, semakin sering pula buang air kecil. Jika tubuh terlalu banyak mengeluarkan cairan, tentunya akan berbahaya bagi tubuh.
  • Terlalu banyak kafein dapat membuat jantung berdebar-debar dan berdegub kencang.
  • Kafein dapat mempengaruhi kadar testosteron dan estrogen yang tidak dapat diprediks, dan menimbulkan risiko munculnya sel kanker.

Kafein dikonsumsi dengan tujuan untuk meningkatkan fungsi kognitif dan memperbaiki mood yang buruk. Kadar aman untuk konsumsi kafein bagi orang dewasa yang sehat adalah sekitar 400 mg per hari. Kafein tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi wanita hamil karena akan jadi masalah untuk janin atau bayi karena metabolismenya belum sempurna. Parahnya, overdosis kafein dapat membuat seseorang mengalami kematian. Hal ini bisa diperparah jika mencampur kafein dengan minuman berenergi. Kafein memang bisa membawa berbagai manfaat baik jika dikonsumsi dalam porsi yang sesuai. Namun, akan ada dampak buruk untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: