Kebanyakan Duduk Dapat Menyebabkan Ambeien

Scroll down to content

Work From Home sudah berjalan kurang lebih hampir 30 hari lamanya. Biasanya saat istirahat kerja, kita bisa berkunjung atau sekedar jalan membeli cemilan. Dengan adanya Work From Home  tentu membuat situasi menjadi berbeda dan ruang gerak terbatas. Jika tidak ada kegiatan lainnya, pasti kita lebih banyak duduk atau sekedar tidur-tiduran di tempat tidur. Nah, untuk kamu kebanyakan duduk akibat Work From Home, apakah kamu merasa ada yang aneh seperti mengalami wasir atau ambeien? Apakah betul sebenarnya bahwa duduk terlalu lama menyebabkan ambeien? Baik wasir atau ambeien bukanlah merupakan penyakit yang serius. Namun, segelintir orang menganggapnya remeh sehingga lama-kelamaan wasir atau ambeien dapat semakin parah.

Ambeien adalah pembesaran atau pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar bagian luar anus atau rektum, dan biasanya disebabkan karena kesulitan buang air besar. Sembelit, mengejan terlalu keras, dan terlalu lama buang air besar, dapat membuat pembuluh darah di sekitar anus lebih banyak terisi darah, sehingga dapat menempatkan tekanan pada pembuluh darah vena. Biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurang konsumsi makanan berserat, kegemukan, atau bisa juga disebabkan karena kehamilan. Kehamilan dapat membuat janin yang ada dalam rahim dapat menempatkan tekanan pada perut, sehingga pembuluh darah di rektum dan anus bisa membesar dan menyebabkan ambeien. Lalu, apakah benar ambeien juga disebabkan karena terlalu banyak duduk?

Duduk terlalu lama menyebabkan ambeien. Namun penyebab ini bukanlah penyebab utama. Keseringan duduk menandakan bahwa tubuh kurang gerak. Jika tubuh kurang gerak, biasanya tubuh akan mengalami kenaikan berat badan dan berakhir pada obesitas. Obesitas merupakan salah satu faktor terjadinya ambeien. Terlalu banyak duduk juga dapat mengakibatkan seseorang mengalami sembelit atau kesulitan buang air besar. Ketika sembelit, seseorang pasti menghabiskan waktu yang cukup lama di kamar mandi dan tentunya harus mengejan dengan keras. Hal tersebut malah akan memberikan tekanan pada pembuluh darah vena di sekitar anus. Jadi, duduk terlalu lama dapat menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko ambeien secara tidak langsung.

Bergeraklah beberapa jam sekali agar tidak dalam posisi duduk terus menerus. Serta perbanyaklah minum air putih, makanan berserat. Meskipun duduk bukan penyebab utama, faktor lainnya juga harus diperhatikan seperti makanan dan minuman, terutama jika sensitif terhadap perut. Umumnya teh, kopi, susu, dan soda sensitif terhadap perut. Untuk itu, kita perlu mengetahui mana makanan dan minuman yang tidak cocok dengan perut kita. Stay safe everyone!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: