Ketahui Jenis-Jenis Diet dan Aturan Menjalankannya

Scroll down to content

Mempunyai gaya hidup sehat, ingin memiliki tubuh yang ideal, kulit wajah yang mulus, tubuh yang sehat dan langsing merupakan dambaan setiap orang. Untuk mendapatkannya, biasanya orang tersebut rela melakukan apapun, termasuk salah satunya adalah dengan melakukan diet. Sebagian orang mengenal diet karena tujuannya untuk menurunkan berat badan. Tapi, tak semua orang mengetahui bahwa diet ternyata ada beberapa jenis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Diet tidak hanya dijalani oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, tetapi juga dijalani oleh mereka yang memiliki kebutuhan kesehatan khusus pada tubuh. Tentu saja, berbeda jenis diet, berbeda pula peraturannya.

Nah, berikut adalah jenis-jenis diet yang penting untuk diketahui serta cara menjalankannya agar mendapatkan hasil yang maksimal pada tubuh.

  • Diet Ketogenik

Diet ketogenik merupakan diet dengan menerapkan pola makan yang rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Lemak berguna untuk menjaga asupan nutrisi dan meningkatkan perkembangan metabolisme tubuh. Diet ketogenik ini aman untuk anak-anak, terutama mereka yang fokus dalam masa pertumbuhan. Beberapa menu yang disarankan di antaranya seperti es krim, sosis, udang, ikan tuna, daging dan telur. Buah dan sayuran merupakan selingan.

  • OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet)

OCD merupakan diet yang murni dari pengalaman seniman dan ilusi, Deddy Corbuzier. OCD ini mulai dikenal pada tahun 2013, untuk menjaga tubuh agar lebih bugar dan tampak awet muda. Cara menjalani OCD hanya diperbolehkan makan selama pilihan selama 4, 6, atau 8 jam sesuai pilihannya, dan hanya diperbolehkan minum air putih. Tidak ada batasan konsumsi jenis makanan, artinya semua jenis makanan boleh di konsumsi. Namun, setelah rentang waktu habis, hanya air putih yang boleh masuk ke dalam tubuh.

  • Diet Tawar

Apalah arti makanan bila tak ada rasa. Yah, begitulah cara kerja diet tawar, yaitu makan tanpa mencampurkan garam atau gula atau bumbu lainnya sebagai penambah rasa. Gula dan garam adalah dua hal pemicu kegemukan. Biasanya, orang yang menjalani diet tawar hanya makan makanan yang yang direbus atau dikukus. Mereka biasanya mengandalkan rasa alami dari makanan tersebut. Jika pola diet tawar ini terus menurus dilakukan, seseorang dapat lebih mudah mengendalikan pola makan.

  • Diet Mayo

Diet Mayo merupakan diet dengan membatasi konsumsi karbohidrat dan garam. Aturan dalam diet mayo ini adalah larangan mengkonsumsi garam selama 13 hari. Diet mayo hampir sama dengan diet tawar, namun diet mayo tidak diperkenankan mengkonsumsi nasi, sebagai sumber karbohidrat utama. Diet mayo didominasi oleh sayur dan sumber protein, yang diolah dengan cara dikukus dan direbus. Selain itu, diet mayo juga didukung dengan olahraga ringan seperti lari pagi ataupun yoga.

Nah, untuk kamu yang ingin memulai diet, cobalah dengan memulai mengurangi kadar garam dalam makanan. Diet yang baik bukanlah diet yang membuat seseorang kelaparan. Diet yang baik adalah diet dengan mengkonsumsi pola makan yang terkontrol dengan porsi yang ideal. Jadi, jangan sampai salah arti yah, diet bukanlah tidak makan melainkan mengetahui porsi yang baik untuk tubuhmu! Yuk, bersama kita tingkatkan pola hidup sehat sejak dini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: