Perlindungan Konsumen Dalam Berbelanja Daring Menjadi Fokus Pemerintah Pada Harkonas 2020

Scroll down to content

Harkonas atau Hari Konsumen Nasional merupakan suatu tonggak yang ditetapkan setiap tanggal 20 April untuk melindungi konsumen. Hari Konsumen Nasional ini ditetapkan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 mengenai Perlindungan Konsumen. Undang-Undang tersebut menjadi suatu pedoman untuk pemberdayaan perlindungan konsumen. Sesuai dengan logo Harkonas yang menggambarkan perisai dan tangan manusia yang mengepal. Dibalik arti dari logo ini, konsumen diharapkan dapat bijak dalam melindungi diri. Maskot Harkonas 2020 digambarkan dengan bentuk binatang lumba-lumba yang merupakan lambang binatang sosial yang cerdas dan berkemampuan, bertenaga, berakal, dan berdaya melindungi diri dari ancaman.

Harkonas pada tahun 2020 ini mengusung tema “Perlindungan Konsumen Menuju Indonesia Maju”. Tema ini diusung untuk mengangkat rasa kepercayaan konsumen dalam bertransaksi terutama pada media daring atau online. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto juga menyatakan dukungannya pada Harkonas 2020 karena hal ini merupakan salah satu upaya peningkatan perlindungan konsumen di Indonesia, dimana negara hadir untuk melindungi hak dan kewajiban dari konsumen. Apalagi ditambah dengan situasi negara yang menghadapi pandemi global Covid-19 saat ini. pemerintah pun secara resmi meminta masyarakat melakukan segalanya dari rumah, termasuk berbelanja online.

Berbelanja online atau online shopping merupakan dampak globalisasi ekonomi, dimana konsumen dapat bebas memilih beragam jenis produk, baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri, dengan menggunakan kecanggihan teknologi. Adanya internet dan kemajuan teknologi membuat konsumen dimudahkan dengan akses yang cepat dan tepat untuk bertransaksi. Pada Harkonas 2020 ini, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) Kementerian Perdagangan juga bekerjasama dengan Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen dan Badan Perlindungan Konsumen Nasional untuk memberikan perlindungan terhadap seluruh konsumen yang berbelanja Online selama masa Covid-19.

Hal ini bertujuan untuk membangun kepercayaan konsumen saat berbelanja daring di masa pandemi ini sekaligus mengajak masyarakat agar memahami arti perlindungan konsumen di Indonesia.  Dengan melakukan hal ini, diharapkan seluruh konsumen Indonesia dapat ikut mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju Indonesia yang maju. Selain itu, berbelanja daring juga lebih memfokuskan konsumen lebih bijak memilih kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan, dibandingkan dengan keinginan. Selamat Hari Konsumen Nasional!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: