Yogurt, Snack Ringan dan Menyehatkan

Scroll down to content

Yogurt merupakan hasil dari fermentasi susu. Yogurt juga salah satu golongan makanan probiotik, yaitu “bakteri baik” berupa organisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai akan memberikan manfaat kesehatan, khususnya bagi pencernaan. Tidak hanya itu, yogurt juga mengadung banyak protein dan kalsium.

Yogurt bisa dikonsumsi langsung atau juga bisa dijadikan sebagai bumbu pelengkap dari suatu hidangan. Tidak hanya baik bagi kesehatan dan percernaan, yogurt juga dapat membantu menjaga berat badan karena kandungan didalamnya. Lalu apa saja sih kandungan dalam yogurt?

Yoghurt mengandung protein hewani, yaitu sekitar 1,5 gram protein per ons yoghurt, mengandung banyak vitamin dan mineral yang yang berasal dari susu, seperti kalsium, vitamin B2, B12, fosforus, potasium, dan magnesium. Manfaat yoghurt bagi kesehatan tubuh  adalah :

  • Mengatasi Gangguan Pencernaan

Karena mengandung probiotik, yoghurt dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan, seperti, diare, radang usus, dan intoleransi terhadap laktosa bisa diatasi.

  • Mencegah Osteoporosis

Yoghurt memiliki kandungan kalsium dan vitamin D, yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang.

  • Memperkuat Imun Tubuh

Yoghurt dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, karena memiliki kandungan selenium dan zinc. Kedua kandungan tersebut dapat membuat tubuh lebih kebal terhadap infeksi dan mempercepat penyembuhan ketika sakit, terutama  karena infeksi virus flu.  

  • Penunda Rasa Lapar

Yogurt dapat menstabilkan berat  badan, dengan kemampuannya membuat perut terasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Yoghurt bisa menjadi salah satu solusi untuk yang  sedang menjalani diet .

Yoghurt bisa dikonsumsi siapa saja karena dinilai aman, terutama bagi orang dewasa yang memiliki kondisi kesehatan baik. Meski demikian, bagi orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti intoleransi laktosa dan alergi susu, sebaiknya tidak mengonsumsi yoghurt.

Saat ini, banyak sekali jenis-jenis yogurt yang beredar di pasaran. Pastikan yogurt pilihanmu sudah sesuai dengan kebutuhan tubuhmu yah! Pilihlah yogurt yang tidak mengandung zat tambahan atau zat modifikasi dan yang mengandung rasa buatan.

Photo by Okezone

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: