Lebih Sehat Dari Beras Putih. Inilah Khasiat Dari Beras Merah

Scroll down to content

Beras merupakan bahan makanan pokok di sejumnlah negara, termasuk di Indonesia. Beras yang paling banyak dikonsumsi mayoritas di Indonesia adalah beras putih dan beras merah. Beras putih adalah beras yang sudah dikuliti, sehingga tidak memiliki serat dan bisa meningkatkan kadar gula. Sedangkan beras merah adalah beras yang belum mengalami proses penggilingan atau pengelupasan kulit sepenuhnya, sehingga banyak mengandung serat dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Itulah mengapa, beras merah sangat banyak dikonsumsi, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program diet atau menjalani pola makan yang sehat.

Selain kentang dan oat, beras merah dipilih karena dapat menggantikan karbohidrat, dan dinilai lebih sehat ketimbang beras putih. Tekstur dan rasa dari beras merah pun berbeda dengan beras putih. Beras merah memiliki tekstur padat rasa yang hambar. Eits, jangan dilihat dari warna, tekstur dan rasanya yah, karena beras merah mempunyai segudang manfaat kesehatan bagi kesehatan tubuh, seperti kaya akan serat dan antioksidan. Tidak hanya itu, berikut adalah manfaat lain dari konsumsi beras merah :

  • Mengandung Serat Tinggi

Beras putih memang mengandung karbohidrat. Namun, kandungan karbohidrat pada beras merah mempunyai karbohidrat yang jauh kompleks yang lebih menyehatkan dibanding beras putih. Tidak hanya itu, beras merah juga mengandung magnesium, zat besi, serat, protein dan niacin.

  • Sumber Utama Zat Besi

Zat besi atau mangan membantu tubuh untuk menghasilkan energi dari makanan yang Anda konsumsi. Mangan juga merupakan komponen penting dari enzim dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas yang biasanya terbentuk selama proses produksi energi. Jadi, daya tahan tubuh meningkat dan energi bisa digunakan lebih optimal.

  • Mengandung Vitamin B-6

Satu porsi nasi merah bisa memenuhi kebutuhan harian dari vitamin B6, yang berfungsi untuk menjalankan fungsi organ, menjaga keseimbangan dari pembentukan hormon serotonin (hormon pengatur mood), sel darah merah dan produksi sel-sel DNA.

  • Menurunkan Kolesterol

Beras merah mengandung minyak yang bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Oleh karena itu, orang-orang yang sedang menjalani program diet pasti menggunakan beras merah sebagai nasi mereka karena memilik gandum utuh sumber karbohidrat sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

  • Detoksifikasi racun

Makanan-makanan yang tidak sehat yang masuk ke dalam tubuh akan menjadi racun bagi tubuh. Jika dibiarkan, maka akan memicu beragam penyakit seperti radang atau demam. Beras merah dapat menjadi solusi untuk detoksifikasi racun karena diperkaya akan antioksidan yang dapat membantu mendetoks tubuh dari racun, kuman dan bakteri, lalu membuangnya bersama dengan kotoran melalui urin dan feses.

Banyak sekali yah manfaat dari konsumsi beras merah. Konsumsi beras merah secara rutin dapat  dapat menghindarkan tubuh dari penyakit kanker. Karena beras merah memiliki kandungan antioksidan yang sangat ampuh untuk mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh. Nah, mengganti nasi putih dengan beras merah memang dapat membantu menurunkan berat badan, tapi jangan lupa yah harus diikuti dengan pola makan yang sehat juga. Selain itu, gaya hidupmu juga mempengaruhi tubuhmu untuk mencapai tubuh yang ideal. Mungkin banyak dari teman-teman yang sudah sering mendengar mengenai beras merah, tetapi tidak paham mengenai manfaatnya. Setelah membaca ini, semoga pengetahuan kamu semakin bertambah yah!

Photo by Parenting Orami

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: