Ketahui Manfaat Lain Dari Minyak Favorit Masyarakat Indonesia

Scroll down to content

Tidak ada orang yang tidak pernah memakai minyak kayu putih. Bagi masyarakat Indonesia, mempunyai minyak kayu putih merupakan keharusan di setiap rumah tangga dan dibawa saat bepergian. Sensasi hangat ketika memakai minyak kayu putih memberikan efek menenangkan bagi kulit. Minyak kayu putih merupakan minyak yang berasal dari proses penyulingan daun dan ranting tanaman kayu putih. Di negara lain, minyak kayu putih juga dikenal dengan sebutan kajuputi leucadendra, Aceite de Cajeput, Cajeputi aetheroleum, dan cajeput oil.

Minyak kayu putih biasanya dikemas dengan aroma yang cukup kuat dan khas, yang telah melalui proses destilasi, dan mengandung bahan kimia bernama sineol (cineole). Minyak biasanya berwarna agak kekuningan, dan dapat memberikan sensasi hangat setelah mengoleskan minyak kayu putih ke kulit.  Sejak kecil, minyak kayu putih sudah seperti teman yang menemani kita dikala sakit perut, masuk angin, digigit serangga, dan sakit kepala. Tidak hanya itu, minyak kayu putih juga memiliki manfaat lain seperti :

  • Kandungan dekongestan dan ekspektoran dalam minyak kayu putih dapat membantu melegakan hidung, tenggorokan, dan pernapasan.
  • Sineol dalam minyak kayu putih dapat mengurangi rasa nyeri ketika dioleskan pada kulit.
  • Aroma minyak kayu putih yang lembut bisa dijadikan sebagai aromaterapi yang memberikan efek menenangkan dan dapat mengusir kecemasan dan meningkatkan konsentrasi.
  • Minyak kayu putih juga dapat mengatasi kulit berminyak. Karena adanya kandungan astringent yang berfungsi untuk menurunkan kadar minyak berlebih pada kulit.
  • Minyak kayu putih dapat menghilangkan noda bekas jerawat dengan mencampurkan beberapa tetes dengan gel lidah buaya. 

Minyak kayu putih pada umumnya aman digunakan oleh sebagian besar orang pada kadar yang tidak berlebihan. Mengoleskan minyak kayu putih tidak dianjurkan dioleskan pada luka yang terbuka. Meskipun minyak kayu putih terbuat dari bahan alami, namun tidak disarankan untuk digunakan secara berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi. Hindari dari jangkauan anak-anak dan pemakaian yang berlebihan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: