Rasakan 9 Manfaat Masker Kopi untuk Wajah dan Tubuh

Scroll down to content

Manfaat masker kopi untuk wajah ternyata sangat banyak dan tidak disangka-sangka. Selain dikenal sebagai bahan minuman, kopi juga populer sebagai salah satu bahan skin care. Buah kopi ini dapat digunakan sebagai masker atau scrub wajah.

Kandungan Masker Kopi
Perlu diketahui bahwa kopi mengandung antioksidan dan kafein yang tinggi. Kandungan antioksidan dan kafein ini bermanfaat untuk kulit wajah.

Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang tidak dihalau bisa merusak kulit wajah. Selain itu, manfaat antioksidan untuk wajah juga bisa meningkatkan elastisitas kulit sehingga terlihat awet mudah.

Kandungan kafein di dalam kopi juga memiliki manfaat untuk wajah. Kafein memiliki sifat antiinflamasi. Hal ini membuat manfaat kafein untuk wajah dapat mengurangi peradangan yang terjadi.

Kedua kandungan zat tersebut di dalam kopi memiliki peranan yang sangat penting. Manfaat masker kopi untuk wajah sangat terkait dengan manfaat dari kandungan antioksidan dan kafein. Simaklah lebih lanjut untuk menemukan beberapa manfaat kopi untuk wajah.

Manfaat Masker Kopi untuk Wajah dan Tubuh
Wajah yang memukau bisa didapatkan dengan menggunakan masker kopi. Anda dapat mencampurkan kopi dengan bahan alami lainnya seperti madu, gula, jeruk nipis, hingga air mawar.

Berikut ini adalah beberapa manfaat masker kopi:

  1. Melawan Tanda-Tanda Penuaan
    Melawan tanda-tanda penuaan bisa menjadi salah satu manfaat masker kopi dan madu. Kedua bahan ini sama-sama memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk melawan tanda-tanda penuaan. Menerapkan kopi pada kulit dapat mengurangi kemunculan dark spot, kemerahan, dan juga garis-garis halus. Selain manfaat dari masker, kopi juga dapat memberikan manfaat pada kulit apabila dikonsumsi. Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan efek penuaan akibat dari paparan sinar UV.
  2. Mengobati Jerawat
    Jerawat sering kali mengganggu penampilan sehingga mengurangi kepercayaan diri Anda. Anda bisa menggunakan masker kopi dan madu untuk mengatasi masalah wajah yang satu ini. Kopi memiliki kandungan asam klorogenat dan melanoidin yang memiliki efek antiinflamasi. Selain dapat mengurangi jerawat, asam klorogenat juga dipercaya dapat mengurangi hiperpigmentasi. Namun perlu diperhatikan bahwa sebaiknya Anda tidak menggosok wajah terlalu keras dengan masker kopi karena dapat memperparah peradangan.
  3. Menyamarkan Mata Panda
    Selain mengobati jerawat, masker kopi juga bermanfaat untuk menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata atau sering juga disebut mata panda.
  • Membersihkan dan Menghaluskan Kulit
    Anda dapat mencampurkan kopi dengan jeruk nipis dan gula untuk membuat scrub kopi. Manfaat masker kopi dan gula serta jeruk nipis ini adalah untuk eksfoliasi kulit. Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit.
  1. Mengurangi Peradangan
    Selanjutnya Anda juga dapat mencampurkan kopi dengan garam laut atau sea salt untuk dijadikan masker. Manfaat masker kopi dan garam adalah untuk mengurangi peradangan. Seperti yang sebelumnya disebutkan bahwa kopi memiliki efek antiinflamasi berkat kandungan kafein, asam klorogenat, dan juga melanoidinnya. Sea salt juga dipercaya dapat mengurangi peradangan dan kekeringan pada kulit. Umumnya lauran garam ini digunakan sebagai air mandi untuk mengatasi eksim dan iritasi. Namun Anda juga bisa mencampurkan larutan garam ini dan mencoba mengaplikasikannya sebagai masker.
  2. Menenangkan Kulit
    Mengonsumsi kopi dapat memberikan efek stimulan yang membuat kita terjaga. Efek ini terjadi sebaliknya jika kopi diaplikasikan dalam kulit. Kandungan antioksidan dalam kopi justru dapat membantu menenangkan kulit. Aplikasi scrub kopi dengan pijatan pelan juga tentunya dapat memberikan efek kulit wajah menjadi lebih rileks. Ini juga dapat menjadi salah satu manfaat masker kopi dan air mawar. Sama seperti kopi, air mawar juga memiliki efek menenangkan kulit dan meredakan peradangan. Mencampurkan air mawar tentunya akan lebih baik dibandingkan dengan air biasa.
  1. Mengurangi Selulit
    Masker kopi tidak hanya dapat Anda aplikasikan di wajah, tapi juga dapat diaplikasikan ke bagian tubuh lainnya. Scrub kopi ini dapat membantu Anda mengurangi selulit. Hal ini diduga karena kandungan kafeinnya yang dapat melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah. Selulit mungkin tidak hilang sepenuhnya, tapi dapat tersamarkan.
  2. Mencegah Kanker Kulit
    Mungkin Anda tidak pernah menyangka apabila masker kopi bisa mencegah Anda dari penyakit kanker kulit. Penyakit kanker kulit bisa saja menyerang kulit wajah Anda. Terdapat kandungan vitamin B3 pada kopi yang bisa mencegah kanker kulit. Selain itu manfaat kandungan vitamin B3 juga bisa mencegah masalah seperti pertumbuhan sel kulit yang tidak normal.
  3. Mencerahkan Kulit
    Masker kopi juga dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang terlihat lebih cerah. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kopi dapat membantu eksfoliasi kulit dan mengangkat sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati adalah salah satu alasan kulit menjadi lebih kusam dan terlihat gelap. Eksfoliasi kulit secara rutin dapat membantu mendapatkan kulit yang lebih cerah.
  4. Masker Kopi untuk Rambut
    Bukan hanya sebagai masker wajah dan badan, masker kopi juga dapat digunakan sebagai masker rambut. Kopi dipercaya dapat menyeimbangkan pH rambut dan kulit kepala. Kadar pH yang tidak seimbang dianggap dapat menyebabkan kerusakan pada rambut yang membuat rambut terlihat lebih kusam.
  5. Membersihkan Kaki
    Apakah Anda telah membersihkan kaki dengan maksimal setiap hari? Sama seperti wajah, kaki juga terkadang membutuhkan masker atau scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Menggunakan masker kopi sebagai scrub pada kaki dapat membantu membuat kaki lebih halus dan juga lembut.

Sumber : Dokter Sehat
Foto : Shutterstock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: