Cuka Apel Sebagi Ramuan Herbal Alami

Scroll down to content

Apple Cider Vinegar atau yang lebih dikenal dengan cuka apelĀ  adalah minuman herbal yang dibuat dengan menghancurkan apel dan memerasnya untuk diambil cairannya. Cuka apel memiliki kandungan asam asetat, senyawa asam gallic, katekin, yang berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri. Selain itu, cuka apel mengandung vitamin (A, B, B1, B2, B6, C, dan e), potasium, kalsium, dan magnesium.

Cuka apel ini juga sering digunakan campuran dalam beberapamenu makanan, seperti salad, marinasi atau merendam daging, hingga minuman. Cuka apel ini disebut dengan ramuan herbal pada jaman dahulu, karena khasiatnya untuk mengatasi berbagai , seperti :

  • Masalah pada rambut, misalnya menjaga keseimbangan pH kulit kepala agar menyebabkan ketombe di kulit kepala. Cuka apel juga dapat menjadikan rambut lebih terlihat berkilau.
  • Masalah pada wajah, misalnya membantu penyembuhan dan pengeringan jerawat secara alami dan aman, dan mengurangi gejala penuaan dini di wajah, mengencangkan kulit dan melancarkan sirkulasi darah berkat kandungan asam asetat yang terkandung pada cuka, membantu proses pengelupasan kulit mati sekaligus meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.
  • Masalah pada kesehatan, misalnya membersihkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mampu meringankan penyakit pilek dan demam.

Bagi orang yang tidak terlalu cocok dengan pengunaan cuka apel, dapat menimbulkan beberapa efek samping. Meskipun belum diuji secara pasti, efek samping ini sering dirasakan dan muncul pada tubuh, seperti :

  • Menimbulkan kerusakan pada gigi, karena asam dapat menyebabkan kerusakan enamel gigi jika digunakan terlalu banyak dan dalam waktu yang lama. Jika dibiarkan, maka lama-kelamaan cuka apel dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.
  • Memperburuk hipokalemia, yaitu kondisi di mana kadar kalium rendah dalam tubuh. Salah satu gejala dari kondisi ini adalah bisa menjadi lemah dan menderita kelumpuhan otot.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: