Kenali Ciri-ciri Orang Yang Mengalami Gangguan Kecemasan Berlebih atau Anxiety Disorder

Scroll down to content

Semua orang pernah merasakan cemas semasa hidupnya. Tetapi, berbeda halnya ketika kecemasan yang dirasakan terlalu sering. Rasa cemas biasanya timbul karena ada suatu hal, tetapi jika kecemasan tersebut terjadi tanpa alasan yang kuat dan frekuensinya sering, inilah pertanda adanya gangguan kecemasan yang dikenal dengan anxiety disorder. Anxiety disorder merupakan gangguan kesehatan mental yang menyebabkan penderitanya memiliki kecemasan, rasa takut yang berlebihan dalam kehidupan sehari-hari. Sekilas, gangguan ini memang terkesan tidak parah, namun penyakit ini sangat menganggu aktivitas dan dapat menyebabkan penderitanya mengalami depresi.

Penderita Anxiety disorder  biasanya merasa cemas terhadap beberapa hal, bahkan disaat situasi normal atau tidak terjadi apa apa. Beberapa fakto yang dinilai dapat memicu penyebab semua jenis anxiety disorder antara lain, pernah merasakan trauma masa lalu yang sulit dilupakan, adanya kepribadian tertentu dalam diri, penggunaan obat-obatan atau alkohol dan stres karena suatu penyakit yang diderita. Saat seseorang mengalami anxiety disorder, tidak hanya rasa khawatir, tetapi juga diikuti oleh gejala fisik seperti gelisah tak berkesudahan, sulit fokus dan kesulitan untuk tidur.

Beberapa penderita anxiety disorder biasanya sulit untuk memenangkan diri sendiri dan sulit pula untuk mengungkapkannya kepada orang lain. Social anxiety disorder merupakan salah satu jenis dari penyakit anxiety disorder, yang dikenal dengan kecemasan sosial. Dimana penderita Social anxiety disorder sangat gugup ketika bertemu dengan orang lain atau orang penting,  berkeringat dan merasa mual. Tentunya gangguan ini tidak boleh disepelekan dan harus diobati segera. Jika penderita gangguan ini telat mendapatkan pengobatan, bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang, hingga timbul rasa ingin bunuh diri.

Terdapat dua cara pengobatan utama untuk mengatasi anxiety disorder yakni dengan melakukan psikoterapi dan obat-obatan. Berikut beberapa tips sederhana untuk membantu meredakan gejala gangguan kecemasan :

  • Bermeditasi atau berdoa
  • Berendam dalam air hangat untuk merelaksasikan otot-otot yang tegang
  • Berolahraga ringan atau yoga
  • Terbuka dan suka bertukar pikiran dengan orang kepercayaan

Janganlah malu untuk memeriksakan diri ke dokter atau psikolog mengenai gangguan ini. Perlu diketahui, bahwa gangguan kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan jiwa.

sumber: diambil dari beberapa sumber lainnya

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: