Dokter Tegaskan Ibu ODP Covid-19 Boleh Menyusui Bayi

Scroll down to content

Ibu dengan status orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 diperbolehkan tetap menyusui bayinya secara langsung. Namun hal tersebut tentu harus dilakukan dengan menaati prosedur pencegahan Covid-19.

Ketua Satgas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Elizabeth Yohmi, SpA mengatakan, terpenting ibu tersebut harus menggunakan masker agar tak menyebarkan droplet pada anak.

“Ibu ini berarti ada gejala, entah itu demam saja atau gejala lainnya. Intinya ibu berstatus ODP boleh menyusuin langsung tapi dengan syarat menggunakan masker dan lebih penting lagi menjaga kebersihan payudara dan mencuci tangan,” kata Elizabeth saat melakukan siaran langsung di Instagram bersama @idai_ig, Selasa (28/4/2020).

Ia mengingatkan agar sebelum dan sesudah menyusui, ibu harus selalh cuci tangan. Prosedur kesehatan dan pencegahan Covid-19 itu juga harus tetap dilakukan meski ibu menyusui dengan pumping.

Jika pompa asi dilakukan dengan manual, kata Elizabeth, ibu harus pastikan tangan bersih juga botol yang akan digunakan telah dicuci. Hal yang sama juga dilakukan jika menggunakan alat pumping otimatis.

“Kalau gunakan pompa atau pumping, satu set pumping dan botol harus disterilkan dulu sebelum berikan asi ke bayi,” katanya.

Saat masa pandemi sekarang, kesehatan tubuh memang sangat dibutuhkan. Elizabeth mengatakan, ibu menyusui juga bisa mengonsumsi berbagai vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, meski tidak wajib.

“Hanya dianjurkan saja. Vitamin C, vitamin B, kalsium juga boleh, yang penting vitamin alami dari sayur dan buah, olahraga, makanan bergizi,” tuturnya.

Elizabeth juga memperbolehkan jika ibu menyusui memiliki ASI booster atau makanan juga minuman yang bisa meningkatkan jumlah ASI. Namun, menurutnya, ASI booster sebenarnya lebih banyak memberikan efek psikologis.

Sumber : Ayobandung
Foto : Ruangmom

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: