Ingin Mencoba Menjadi Vegetarian/Vegan? Simak Tips Berikut

Scroll down to content

Kesadaran akan hidup sehat semakin dikenal dari tahun ke tahun. Terbukti dari banyaknya orang beralih pola makan menjadi berbasis nabati, yakni menjadi seorang vegetarian ataupun vegan. Vegetarian dan vegan merupakan dua hal yang berbeda. Vegetarian adalah mereka yang sudah tidak mengkonsumsi daging, tetapi masih mengkonsumsi bawang dan turunan hewani seperti susu dan telur. sedangkan Vegan adalah seseorang yang hanya mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Vegan adalah pola makan yang tidak mengkonsumsi daging atau produk olahan daging, tidak mengkonsumsi bawang-bawangan, dan produk-produk yang berasal dari hewani seperti susu, telur, keju, mentega. Baik vegetarian maupun vegan sama-sama memberikan manfaat terhadap kesehatan tubuh. Contohnya menurunkan kolesterol dalam darah, mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke, mengurangi peluang terkena diabetes, tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya.

Mengganti transisi makan dari biasanya menjadi seorang vegetarian maupun vegan, tentu tidaklah mudah. Jika kamu tertarik mendalami pola makan vegetarian dan vegan, kamu perlu menggali lebih dalam mengenai pola makannya. Tak jarang, beberapa orang yang mencoba balik lagi ke cara makan awal karena tidak sanggup mengikuti pola makan berbasis nabati tersebut. Sebelum kamu memutuskan untuk mengganti pola makanmu, berikut adalah hal yang penting yang harus kamu ketahui :

  • Alasan. Pasti ada tujuan dibalik niat, bukan? Tanpa tujuan dan hanya bermodalkan keinginan, terkadang pasti tidak berjalan mulus di tengah jalan. Untuk itu kamu perlu mencoba mengenal, mendalami bagaimana pola makan sehat yang biasanya dijalani oleh orang-orang vegetarian dan vegan lainnya.
  • Jangan langsung merubah pola makanmu secara mendadak dan drastis, karena tubuhmu akan kaget. Cobalah secara bertahap mengurangi konsumsi daging secara perlahan. Dimulai dari 4 hari bervegatarian, 3 hari lainnya makan seperti biasa. Lalu berlanjut, 6 hari bervegetarian dan 1 hari makan normal, dan seterusnya. Dengan demikian, tubuhmu tidak akan kaget dengan perubahan mendadak. Jangan lupa, carilah restoran-restoran yang menyediakan lebih banyak sayur ketimbang daging untuk membantu tujuanmu.
  • Sebagai seorang vegetarian dan vegan, tidak selalu makanan berbasis sayuran, terkadang ada makanan-makanan olahan yang dibentuk menyerupai daging. Untuk bereksplorasi, kamu bisa mencobanya atau membuat versi nabati sendiri.
  • Bila sudah terbiasa dengan pola makan vegetarian dan vegan, lihatlah dan amatilah perkembangan pada tubuhmu. Pastinya akan ada hal positif yang terjadi misalnya tubuh lebih terlihat ramping, muka lebih cerah, tubuh terasa lebih bugar dan enerjik.

Nikmatilah prosesnya, jika kamu menemukan kesulitan jangan menyerah dan jadikanlah hal tersebut sebagai pengalaman. Tidak mudah loh menjadi seorang vegetarian atau vegan, apalagi jika pecinta daging. Di Ibukota sendiri sudah banyak restoran berbasis vegetarian dan cafe-cafe yang berbasis vegan yang eksis.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir. Selain itu, beberapa cafe juga menyediakan kue-kue berbasis vegan loh! Jika kamu bukanlah seorang vegetarian maupun vegan, tidak ada salah juga ikut mencoba produk-produk nabati lainnya.  

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: