Karakter Apa Yang Ada Dalam Dirimu?

Scroll down to content

Manusia mempunyai kepribadian yang berbeda-beda. Perbedaan kepribadian inilah yang membuat manusia menjadi unik. Mempelajari karakter dan kepribadian manusia penting untuk mengetahui bagaimana kita harus bersikap. Selain itu, dengan mengetahui jenis kepribadian seseorang, kita juga dapat memahami karakter lawan bicara kita di lingkungan sekitar. Dengan mengetahui karakter seseorang, kita dapat menyesuaikan sikap kita ketika berhadapan dengan lawan bicara. Secara umum, karakter manusia dibedakan menjadi empat, yaitu plegmatis, melankolis, sanguinis, dan koleris.

  • Plegmantis

Seseorang dengan jenis kepribadian plegmantis, biasanya menunjukkan pribadi yang mudah diatur, cenderung diam dan kalem, suka mengalah, memiliki rasa toleransi yang tinggi, mudah untuk disuruh dan selalu mau melakukan, suka mengalah, tidak menyukai konflik. Tipe plegmatis biasanya mencintai keadaan yang aman dan tenang. Bila dihadapkan dengan masalah, biasanya tipe plegmatis akan menyelesaikan dengan cara yang tenang juga. Tipe plegmatis biasanya sabar meskipun dalam kondisi sulit sekalipun. Namun, tipe plegmatis sulit untuk mengambil keputusan, dan cenderung menunda- nunda.

  • Melankolis

Seseorang dengan jenis kepribadian melankolis, biasanya menyukai tradisi. Sebagai contoh, wanita memasak untuk laki-laki, dan laki-laki adalah tulang punggung keluarga. Tipe melankolis biasanya mencintai keluarga dan teman-temannya. Namun, tipe melankolis tidak menyukai hal-hal baru, mencoba hal-hal baru dan bahkan cenderung akan sangat menghindarinya. Seseorang dengan karakter ini disebut-sebut adalah orang yang teliti dan cinta akan kerapihan. Melaknkolis juga dikenal dengan pribadi yang mudah bersosilisasi dalam suatu komunitas. Dalam pekerjaan, sosok melankolis cocok untuk dijadikan manajer, karena kepribadiannya yang baik.

  • Sanguinis

Seseorang dengan jenis kepribadian sanguinis, biasanya seseorang yang enerjik, optimis, lincah dan terkenal cuek. Berbeda dengan melankolis, sanguinis sangat menyukai hal-hal baru dan akan mencoba untuk melakukannya. Bagi sanguinis, berpetualang adalah keharusan. Tipe sanguinis tidak bisa tidak melakukan apapun, mereka pasti mencari sesuatu untuk dikerjakan agar tidak bosan. Seseorang dengan karakter sanguinis biasanya orang yang ceria, juga kreatif. Karena karakternya yang pemberani mencoba suatu hal yang baru, tipe ini juga siap untuk menanggung segala resikonya.

  • Koleris

Seseorang dengan jenis kepribadian Koleris, merupakan seseorang yang mempunyai sosok yang kuat, tegas dan berjiwa sebagai pemimpin. Seseorang dengan karakter koleris, sangat berorientasi pada tujuan mereka kedepannya. Tipe Koleris sangat suka mengatur, suka petualangan, suka tantangan baru, memiliki ketegasan dalam menentukan keputusan, tidak mudah menyerah, dan juga tidak mudah mengalah. Tipe koleris menjadi sosok yang selalu diidam- idamkan oleh orang lain karena terlihat sangat keren dan kuat dari luar. Terlebih, tipe koleris sangat menyukai pembicaraan yang bermakna, menghabiskan waktu dengan orang-orang professional, ketimbang bersenang-senang diluar mengabiskan waktu tidak jelas.

Nah, setelah membaca tipe karakter diatas, sudahkah kamu mengetahui tipe karakter dalam dirimu? Dengan mengetahui karakter seseorang, kita akan dengan mudah menganalisis kepribadian seseorang dan mengetahui bagaimana kita seharusnya bersikap.

Photo by Shuttertsock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: