Cek Produk Asuransi yang Cocok untuk Program Hamil

Scroll down to content

Salah satu penyebab tingginya angka kematian ibu hamil adalah kurangnya pengetahuan calon ibu mengenai kondisi bayinya. Seringnya calon ibu juga tidak memeriksakan kehamilan kepada bidan atau dokter kandungan, dan sering tidak mendapat penanganan maksimal ketika melahirkan. Biaya menjadi salah satu alasan mengapa seorang calon ibu tidak mendapat penanganan semestinya.

Biaya kehamilan hingga melahirkan memang tidak murah. Setiap bulannya kandungan harus mendapat pemeriksaan bidan atau dokter spesialis kandungan yang berbiaya mahal. Belum lagi jika proses kelahiran mengharuskan caesar, biaya melahirkan bisa berkali lipat dibanding kelahiran normal. Karena itu ibu hamil memerlukan perlindungan maksimal dari mulai awal kehamilan hingga melahirkan. Asuransi untuk program hamil dan melahirkan bisa jadi solusinya.

  • Manfaat Asuransi untuk Program Hamil dan Melahirkan
    Ada banyak produk asuransi untuk program hamil dan melahirkan mulai dari yang ditawarkan pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) hingga perusahaan asuransi swasta. Tentu setiap produk yang mereka tawarkan memiliki keunggulan masing-masing.
  • Meringankan Biaya Kehamilan dan Melahirkan
    Pertanggungan asuransi untuk program hamil dan melahirkan meliputi seluruh biaya pemeriksaan dokter kandungan, obat-obatan, kamar rawat inap dan tindakan pembedahan. Tanpa asuransi setiap ibu hamil yang ingin memeriksakan kandungannya ke spesialis kandungan dan kebidanan harus merogoh kocek setidaknya minimal Rp 300 ribu untuk sekali pertemuan. Sementara biaya kelahiran normal berkisar mulai dari Rp 1 Juta dan tindakan caesar mulai dari Rp 16 Juta.
  • Fasilitas Kesehatan yang Maksimal
    Satu lagi manfaat memiliki proteksi untuk hamil dan melahirkan adalah akses ke fasilitas kesehatan lebih memadai. Sebab, beberapa rumah sakit besar membebankan biaya yang tidak sedikit untuk tindakan caesar. Maklum tindakan pembedahan ini memerlukan peralatan yang memadai. Dengan adanya asuransi untuk program hamil lebih cepat mendapatkan penanganan dengan alat kesehatan yang maksimal, sehingga mengurangi resiko kematian pada ibu dan bayi.
  • Mengurangi Angka Kematian Ibu dan Bayi
    Fakta angka kematian ibu dan bayi yang tinggi di Indonesia memperlihatkan bahwa literasi akan kesehatan ibu hamil masih rendah. Bukan tidak adanya keinginan dari sang ibu untuk memeriksakan kandungan, melainkan ketiadaan biaya karena rendahnya pendapatan perkapita Indonesia. Adanya asuransi dapat mengurangi beban biaya pada ibu hamil, karena pembayaran preminya bisa disiapkan jauh sebelum proses kehamilan dan kelahiran. Adanya klaim asuransi kehamilan dan melahirkan mempermudah para ibu mendapatkan akses ke fasilitas kesehatan yang lebih baik.

Setelah mengetahui manfaat perlindungan untuk ibu hamil dan melahirkan, Anda harus memilih beragam produk proteksi ibu hamil yang terbaik. Berikut ulasannya:

Manfaat yang diberikan oleh produk asuransi yaitu:

  • Biaya Melahirkan Normal.
  • Biaya rawat inap Peserta yang berhubungan dengan kelahiran
  • Biaya rawat inap bayi sampai dengan usia 14 (empat belas) hari atau keluar dari rumah sakit, mana yang lebih dulu.
  • Biaya Melahirkan dengan pembedahan atau Komplikasi Melahirkan.
  • Biaya rawat inap Peserta yang berhubungan dengan kelahiran yang terjadi dalam masa 40 (empat puluh) hari setelah melahirkan.
  • Biaya rawat inap bayi sampai dengan usia 14 (empat belas) hari atau keluar dari rumah sakit, mana yang lebih dulu
  • Biaya komplikasi melahirkan dan Melahirkan dengan Pembedahan dibayar sesuai dengan klaim yang layak dibayar, tetapi tidak melebihi batas maksimum manfaat sesuai dengan yang tercantum dalam Tabel Manfaat Melahirkan.
  • Biaya Keguguran.
  • Biaya Melahirkan oleh Bidan
  • Biaya rawat jalan kehamilan yaitu selama masa kehamilan sampai dengan 40 hari setelah melahirkan termasuk bayi sampai dengan usia 14 (empat belas) hari, terdiri dari biaya rawat jalan untuk konsultasi dokter, obat-obatan, pemeriksaan penunjang dan tindakan medis

Itulah beberapa jenis produk asuransi untuk program hamil baik yang disediakan pemerintah, perusahaan asuransi swasta yang preminya dibayar perseorangan atau dari perusahaan tempat bekerja.

Sumber : Cekaja.com
Foto : Mommyasia.id

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: