Mengenal Buah Yuzu yang Kaya Antioksidan

Scroll down to content

Buah yuzu mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, buah yang termasuk kelompok jeruk ini sudah sangat populer di negara-negara Asia Timur karena memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Buah yuzu atau Citrus junos merupakan buah dari kelompok sitrus (jeruk). Dibandingkan jenis jeruk lainnya, buah yuzu memiliki aroma yang lebih harum dan rasa yang lebih asam.

Buah yuzu berasal dari China, tetapi kini lebih banyak dibudidayakan di Jepang dan Korea. Tidak hanya daging buahnya, kulit dan ekstrak buah yuzu juga banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan kuliner, obat tradisional, hingga kosmetik.

Kandungan dan Manfaat Buah Yuzu
Salah satu kandungan utama buah yuzu adalah vitamin C. Jumlah vitamin C dalam buah yuzu bisa mencapai 3 kali lipat lebih tinggi dibandingkan buah lemon.

Tidak hanya itu, buah yuzu juga mengandung beberapa nutrisi lain, seperti:

-Karbohidrat
-Serat
-Vitamin A
-Vitamin E
-Vitamin B1, B2, B3, B5, dan B6
-Mineral, seperti tembaga, magnesium, zat besi, seng, dan kalsium
-Senyawa aktif, seperti karotenoid, flavonoid, dan limonoid

Banyaknya nutrisi yang terkandung pada buah yuzu, maka tidak heran bila buah ini memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah yuzu yang bisa Anda peroleh bila mengonsumsinya secara rutin:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Vitamin C yang terkandung dalam buah yuzu berperan sebagai antioksidan yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya berbagai macam infeksi.

Kekurangan vitamin C yang berat juga dapat menyebabkan penyakit skorbut yang dapat melemahkan struktur kolagen tubuh, termasuk pada kulit. Meski sering terlupakan, kulit juga merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh yang paling awal menghalau kuman penyakit yang hendak masuk ke tubuh.

Melemahnya pertahanan kulit akibat kekurangan vitamin C dapat membuat bakteri lebih mudah berkembang biak di kulit dan masuk lebih dalam ke jaringan tubuh, bahkan hingga ke aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

Mencukupi kebutuhan vitamin C harian, salah satunya dari buah yuzu, dapat mencegah hal ini terjadi. Bahkan, ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa vitamin C pada buah yuzu dapat mempercepat penyembuhan ISPA serta mencegah penyakit diare, malaria, dan pneumonia.

  1. Melancarkan aliran darah
    Sirkulasi darah yang tidak lancar bisa menimbulkan beragam gangguan kesehatan, misalnya stroke atau serangan jantung. Nah, mengonsumsi buah ini secara rutin dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit-penyakit tersebut.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah yuzu mampu mencegah pembentukan gumpalan darah yang bisa menyumbat pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah menjadi lancar dan organ-organ tubuh bisa bekerja secara optimal.

  1. Menjaga kesehatan otak
    Nutrisi yang terkandung dalam buah yuzu dapat membantu memelihara kesehatan otak, meningkatkan daya ingat, serta mencegah demensia dan penyakit Alzheimer. Meski demikian, penelitian ini baru dilakukan pada hewan dan masih perlu dikaji lebih lanjut agar manfaatnya pada manusia bisa dipastikan.
  2. Mencegah kanker
    Sebuah penelitian menemukan bahwa senyawa aktif limonoid pada buah jeruk, termasuk buah yuzu, dapat melawan sel-sel kanker, khususnya kanker payudara, usus besar, dan prostat. Dalam penelitian lain pada hewan, ditemukan bahwa kandungan flavonoid pada buah ini mampu menghambat pertumbuhan tumor dan menekan pertumbuhan sel leukemia.
  3. Memberikan efek menenangkan
    Menggunakan ekstrak buah yuzu sebagai aromaterapi telah terbukti dapat meredakan kecemasan, ketegangan, depresi, kebingungan, stres, hingga depresi. Dalam sebuah penelitian, terlihat bahwa menghirup aromaterapi buah yuzu bisa meningkatkan aktivitas sistem saraf di otak.
  4. Mencegah penuaan dini
    Paparan sinar UV, pola makan yang buruk, kurang istirahat, kebiasaan merokok, dan sering minum minuman beralkohol merupakan faktor yang dapat mempercepat penuaan dini pada kulit. Supaya hal ini tidak terjadi pada Anda, mulailah rutin mengonsumsi buah yuzu.

Antioksidan dalam buah yuzu dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, sehingga mencegah terjadinya penuaan dini. Buah ini juga kerap dimanfaatkan untuk produk kosmetik karena diyakini dapat mencerahkan kulit dan mendorong produksi kolagen yang bisa mencegah keriput.

Selain berbagai manfaat di atas, penelitian berskala kecil lainnya juga membuktikan bahwa buah yuzu dapat meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi kadar kolesterol, mencegah diabetes, dan mencegah gagal jantung.

Buah yuzu tidak hanya melezatkan makanan, tetapi juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Walaupun sebagian penelitian tentang manfaat buah yuzu dalam mencegah dan mengobati penyakit masih memerlukan pembuktian dalam skala yang lebih besar, kekayaan nutrisi dari buah ini sudah terbukti baik untuk kesehatan.

Sumber : Alodokter
Foto : SheKnows

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: