Rasakan 5 Manfaat Bermain dengan Pasir untuk Buah Hati Anda

Scroll down to content

Kegiatan anak-anak terutama yang baru memasuki usia sekolah pasti sedang senang-senangnya bermain di luar bersama kawan-kawannya. Dengan didorong rasa penasaran dan mengolah otak kiri dan kanannya, mereka mulai belajar untuk menggali alam di sekitarnya. Salah satu hal yang sering dilakukan anak saat bermain di luar adalah bermain dengan pasir yang memberikan berbagai manfaat untuk anak.

Ragam Manfaat Bermain Pasir untuk Anak
Saat ini tidak heran lagi bila ada orang tua kerap mengomel melihat anaknya pulang dalam keadaan kotor setelah bermain dengan pasir. Orang tua pasti khawatir bila sisa kotoran dari pasir tersebut akan berbahaya untuk kesehatan anak.

Nyatanya, membiarkan anak bermain pasir sesekali malah akan berakibat baik untuk perkembangannya. Berikut berbagai manfaatnya seperti dilansir dari Hellosehat :

  1. Bermain pasir melatih kemampuan motorik anak
    Bukan cuma kotor-kotoran, kegiatan ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik anak lho! Pergerakan seperti memindahkan pasir dari tempat satu ke yang lainnya dan bermain menggunakan sekop juga akan mengasah keterampilannya dalam menggerakkan tubuh.

Selain itu, saat mengangkat pasir yang ada dalam embernya, si kecil juga sekaligus melatih kekuatan otot-ototnya.

  1. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak
    Anak-anak kerap menggunakan pasir untuk membuat sebuah bentuk seperti istana, gunung, atau apa pun yang mereka inginkan. Meski kelihatannya sepele, hal-hal kecil seperti inilah yang dapat membantu anak dalam membangun imajinasinya.

Dengan membiarkan anak bermain pasir, Anda mungkin akan mengetahui potensi lain yang tak pernah terlihat sebelumnya. Baik dari cara si kecil menggunakan benda-benda lain seperti mobil-mobilan sebagai pelengkap rumah pasirnya, atau bagaimana ia melakukan cara tertentu agar istananya tak mudah hancur. Melalui kegiatan bermain inilah anak akan belajar untuk menciptakan sebuah produk dari awal sampai akhir.

  1. Melatih kemampuan sensorik anak
    Bermain pasir punya manfaat kepada anak-anak untuk belajar tentang perbedaan tekstur dan melatih indra perabanya. Saat membentuk sesuatu dengan pasir dan air, anak akan merasakan perbedaan tekstur yang dihasilkan dari pasir yang dicampur dengan bahan lainnya. Hal ini nantinya akan menjadi informasi baru yang akan diserap oleh si kecil.
  2. Melatih konsentrasi anak
    Terkadang, guru atau orang tua kewalahan menghadapi si kecil yang mudah teralihkan perhatiannya. Ternyata hal ini bisa dilatih saat anak bermain pasir. Anak tentunya memiliki gembaran atas bangunan apa yang akan dibentuk dengan menggunakan pasir.

Dalam setiap langkahnya, mulai dari menyentuh, menambahkan air, sampai menumpuk pasir, secara tak sadar anak telah dibuat fokus untuk mengerjakannya sampai selesai. Bermain pasir punya manfaat melatih anak untuk lebih berkonsentrasi pada tugas yang ada.

  1. Meningkatkan imunitas tubuh
    Siapa bilang anak harus lebih sering berada di rumah agar terhindar dari penyakit? Nyatanya, anak-anak yang lebih sering bermain di luar rumah malah memiliki daya tahan tubuh lebih baik daripada anak-anak yang jarang melakukannya. Sedikit berkotor-kotoran akan membantu anak untuk tidak rentan terhadap penyakit.

Sumber : Hello Sehat
Foto : Travelmamas.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: