Mengenal Manfaat Asuransi untuk Usia Lanjut

Scroll down to content

Kita mengenal asuransi seringkali dipakai untuk memberikan perlindungan. Baik asuransi jiwa ataupun untuk kesehatan oleh orang yang masih berada pada usia produktif atau masih relatif muda.

Banyak juga yang mengira asuransi tidak bisa mencakup perlindungan untuk orang tua yang lanjut usia. Karena tingginya risiko yang dimiliki oleh manusia usia lanjut.

Memang sebaiknya asuransi sudah dipersiapkan sejak usia muda untuk persiapan di masa tua nanti.

Namun, sebagai anak yang berbakti, tidak ada salahnya pula untuk mempersiapkan asuransi untuk orang tua sebagai salah satu bentuk kasih sayang.

Dengan membeli asuransi untuk orang tua usia lanjut membuat kita siap menghadapi risiko saat terjadi penyakit yang mengharuskan perawatan dengan biaya yang besar. Persiapan ini perlu dilakukan.

Karena pertambahan usia adalah sesuatu yang pasti dan tidak bisa dielakkan oleh siapapun. Bertambahnya usia juga seringkali diikuti oleh kondisi kesehatan yang menurun.

Seiring bertambahnya usia, kondisi fisik mulai terbatas. Sehingga berpotensi mengalami berbagai jenis risiko dalam kesehatan. Usia tua biasanya dimulai sejak masa pensiun di usia 55 tahun ke atas.

Banyak orang yang tidak menyadari bertambahnya usia juga mengharuskan adanya perubahan pola hidup serta proteksi dari asuransi kesehatan. Agar bila terjadi masalah kesehatan keluarga tidak perlu repot mengeluarkan biaya besar.

Akan tetapi, asuransi kesehatan untuk lanjut usia masih kurang populer di berbagai kota besar. Karena kondisi ekonomi masyarakat yang mayoritas masih pas-pasan.

Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran dan pemahaman atas pentingnya asuransi untuk lanjut usia. Berikut ini penjelasan mengenai asuransi untuk orang tua lanjut usia:

Banyak perusahaan asuransi yang menyediakan perlindungan untuk lanjut usia

Dua Jenis Asuransi Untuk Orang Tua

Perusahaan asuransi banyak menyediakan program perlindungan untuk orang tua lanjut usia. Perusahaan-perusahaan tersebut mengharapkan agar para orang tua bisa terlindungi di usia senjanya.

Khususnya dengan terjaminnya kesehatan. Agar pada saat terjadi risiko kesehatan tidak perlu khawatir mengeluarkan uang besar untuk pengobatan di rumah sakit.

Pada umumnya, perusahaan asuransi menyediakan kesempatan perlindungan untuk orang tua berusia lanjut melalui dua jenis asuransi antara lain:

-Asuransi kesehatan stand-alone atau asuransi kesehatan murni.

-Asuransi jiwa unit link yang memberikan manfaat tambahan (rider) berbentuk perlindungan kesehatan.

Asuransi unit link ini sesuai untuk yang membutuhkan asuransi yang menyediakan asuransi tambahan agar biaya rawat inap tidak mahal. Nasabah bisa meminta asuransi tambahan kepada pihak asuransi.

Produk asuransi unit link memiliki kelebihan dari sisi proteksi kesehatan yang terjamin dengan berbagai fasilitas yang ada di dalamnya. Kemudian, proteksi kesehatan di rumah sakit dengan unit link memiliki batasan usia lebih panjang dibandingkan dengan asuransi kesehatan murni.

Beberapa perbedaan dan ketentuan umum yang berlaku untuk dua jenis asuransi ini adalah proteksi kesehatan.

Selain itu, pertanggungan asuransi untuk unit link bisa diperpanjang hingga usia 79 tahun. Sementara asuransi kesehatan murni hanya sampai 70 tahun.

Sumber : Cekaja.com
Foto : Shutterstocks

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: