Rasakan Manfaat Air Zamzam yang Mampu Tingkatkan Metabolisme hingga Cegah Kanker

Scroll down to content

Bagi umat Islam yang kembali dari Mekah membawa berliter-liter air zamzam sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga dan kerabatnya sudah menjadi kebiasaan. Umat Islam percaya bahwa air zamzam adalah air yang suci dan diberkati, sehingga menjadi salah satu buah tangan terbaik usai melakukan haji atau umrah.

Air zamzam berasal dari sumur Zamzam yang terletak di pusat Kota Mekah, Masjidilharam. Sumur itu hanya berjarak 20 meter sebelah timur Kabah. Sumur Zamzam menjadi salah satu daya tarik wisata bagi jutaan peziarah Muslim tiap tahunnya.

Sumur ini disebut-sebut tidak pernah kering. Selain dianggap sebagai salah satu sumber mata air yang suci, air zamzam juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan
Kandungan dan Manfaat Air Zamzam bagi Kesehatan

Merujuk penelitian Mineral Composition and Health Functionality of Zamzam Water: A Review (2013) dalam Jurnal Taylor and Francis, terdapat banyak hal yang membuat air zamzam istimewa dan berbeda dari air mineral lainnya. Antara lain, tidak ada bakteri maupun kontaminan lain yang ditemukan di dalamnya.

Ini menjadikannya sebagai air yang paling murni di dunia. Air zamzam pun tidak berjamur, serta tidak berubah warna, rasa, maupun bau.

Pada sebagian besar sumur atau mata air umumnya terjadi pertumbuhan biologis dan vegetasi, namun tidak di sumur air zamzam. Berdasarkan penelitian, air zamzam mengandung unsur anorganik seperti natrium (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), garam larut.

Kandungan di dalam air zamzam itu memberikan manfaat bagi tubuh dan bisa menyembuhkan penyakit. Berikut khasiat air zamzam bagi kesehatan.

  1. Sumber cairan yang baik
    Tingginya kandungan fluoride menjadikan air zamzam sebagai air yang paling murni. Berdasarkan uji coba tes ultraviolet, ditemukan bahwa air zamzam bebas dari kuman dan bakteri maupun kontaminan berbahaya lainnya. Bahkan air zamzam mengandung bikarbonat yang lebih tinggi dari yang ditemukan dalam air dari Pegunungan Alpen Prancis.
  2. Memperkuat sel dan meningkatkan metabolisme
    Menurut doktor dan ilmuwan Jerman Knut Pfeiffer, air zamzam dapat menambah energi dan ‘memberi makan’ sel-sel dalam tubuh kita. Kandungan kalsium dan magnesium yang tinggi berperan dalam mengatasi rasa kelelahan.

Itulah sebabnya, para peziarah sebaiknya langsung minum air zamzam setelah mereka menyelesaikan tawaf untuk mengembalikan tenaga. Selain itu, wanita hamil juga dianjurkan meminumnya untuk meningkatkan metabolisme serta mengatasi rasa lelah yang hebat selama masa kehamilan.

  1. Mencegah karies gigi
    Selain susu sapi dan produk susu lain, air zamzam juga bisa menjadi sumber kalsium alternatif untuk mencegah karies. Ditambah lagi dengan kandungan magnesium dan fluoride yang tinggi dalam air zamzam terbukti bermanfaat bagi kesehatan mulut secara keseluruhan.

Fluoride dikenal dapat menekan timbulnya karies gigi, dan air minum berfluoride, dalam hal ini zamzam, dapat memberikan perlindungan yang sama.

  1. Mencegah osteoporosis
    Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung tentang manfaat air zam-zam, ditemukan bahwa minum air zam-zam secara teratur dapat membantu mencegah risiko osteoporosis.

Penyakit osteoporosis terjadi karena tubuh kekurangan asupan kalsium. Penyakit ini menyebabkan masalah kesehatan yang umum di Indonesia terutama pada usia dewasa dan lanjut usia (lansia).

Kandungan mineral kalsium yang tinggi dalam air zamzam dapat diandalkan sebagai alternatif pencegahan osteoporosis. Peneliti menyebut kandungan kalsium dalam air zam-zam yakni 300 mg hingga 340 mg per liter, sedangkan air mineral biasa hanya memiliki kandungan kalsium 28 mg hingga 32 mg per liter saja.

  1. Mencegah kanker
    Penelitian terbaru meneliti khasiat air zamzam sebagai metode penyembuhan kanker. Air zamzam secara alami bersifat basa (alkali) dan kaya akan berbagai mineral yang dapat digunakan sebagai terapi kanker, seperti kanker payudara, kolorektal, ovarium, dan paru-paru.

Air alkali memiliki aktivitas antioksidan yang kuat dan efek antikanker. Manfaat ini melindungi DNA dari kerusakan oksidatif (radikal bebas) dalam tubuh, yang merupakan penyebab utama penuaan dini dan timbulnya penyakit kanker.

Selain itu, konsentrasi ion kalsium dan magnesium dalam air zamzam nyaris dua kali lipat dibandingkan konsentrasi yang ditemukan dalam air mineral kemasan. Kecukupan asupan kalsium ini dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara, sementara magnesium dapat mencegah potensi metastasis (penyebaran) sel kanker.

Dengan demikian, air zamzam dapat menjadi sumber kalsium dan magnesium yang bermanfaat, untuk mencegah penyakit kronsi seperti kanker.

  1. Melancarkan sirkulasi darah
    Mengonsumsi air zam-zam dapat merangsang sirkulasi darah menjadi lancar. Sirkulasi darah dapat terganggu karena timbunan lemak di pembuluh darah akibat menerapkan kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti makan makanan berlemak.

Agar tidak mengalami penyumbatan pembuluh darah, rajinlah berolahraga, perbanyak konsumsi buah dan sayur, serta mulai mencoba meminum air zamzam.

  1. Meregenerasi sel kulit mati
    Tak hanya kesehatan, air zamzam juga memberi manfaat untuk kecantikan. Air zamzam mempercepat proses regenerasi sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel kulit yang baru.

Proses regenerasi kulit ini menghasilkan kulit yang lebih cerah dan kenyal. Selain mengonsumsinya, Anda dapat berwudu dengan menggunakan air zamzam agar semua lapisan sel kulit mati pada permukaan kulit dapat luruh.

Sumber : CNN Indonesia
Foto : asiaone.com/sgzamzam

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: