Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan

Scroll down to content

Siapa yang tidak pernah mendengar pepatah “kesehatan itu mahal”. Pada kenyataannya, kesehatan itu memang mahal, terlebih di jaman modern dan milenial saat ini. Bila tubuh tidak sehat, tentunya kita perlu mengeluarkan biaya-biaya seperti biaya dokter, biaya obat, dan biaya lainnya. Akibat mahalnya pengobatan medis yang tidak semua orang mampu untuk membayarnya, banyak orang yang beralih ke pengobatan tradisional. Di saat situasi pandemi seperti saat ini, banyak orang yang mulai menyadari betapa pentingnya memelihara kesehatan. Diri manusia sendiri rentan terhadap berbagai penyakit. Salah satu hal yang paling mempengaruhi adalah faktor lingkungan. Lalu, bagaimana solusinya terhadap biaya kesehatan yang semakin mahal?

Asuransi kesehatan menjadi salah satu cara untuk membantu menekan dan mengurangi kebutuhan biaya dokter, obat-obatan, rawat inap, sampai dengan jika ada tindakan operasi. Jika sewaktu-waktu jatuh sakit, maka perusahaan asuransilah yang akan menanggung biaya pengobatan, tentunya semua sesuai dengan kontrak dan kesepakatan di awal. Premi yang dibayarkan pada asuransi kesehatan, akan memberikan perlindungan pada setiap nasabah. Jenis perawatan atau program yang yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi ada bermacam-macam jenis dan manfaatnya. Berikut adalah manfaat asuransi kesehatan yang penting untuk diketahui :

  • Manfaat Rawat Inap dan Rawat Jalan

Salah satu manfaat ketika membeli asuransi kesehatan adalah manfaat rawat inap dan rawat jalan yang dapat dinikmati oleh nasabah. Manfaat rawat inap biasanya meliputi biaya rumah sakit, biaya laboratorium, biaya dokter, biaya obat-obatan, serta biaya gawat darurat (emergency service). Sedangkan manfaat rawat jalan biasanya meliputi konsultasi dokter umum atau spesialis, obat menggunakan resep, biaya atas tindakan pencegahan, serta biaya alat-alat bantu yang dianjurkan oleh dokter. Penting diketahui, bahwa terdapat maksimum penggunaan dana setiap tahunnya dalam setiap manfaat baik rawat inap maupun rawat jalan. Nah, sebagai nasabah kita harus mengetahui setiap manfaatnya.

  • Manfaat Nilai Tunai

Untuk manfaat nilai tunai, perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah dana jika suatu saat diharuskan rawat inap di rumah sakit. Uang ini digunakan sebagai pengganti untuk mengganti biaya transport atau pendapatan kita yang hilang selama kita dirawat di rumah sakit. Membayar premi asuransi kesehatan adalah langkah preventif dan baik yang dapat kita lakukan. Maka dari itu penting untuk membayarkan premi asuransi secara berkala dan teratur, agar tidak memberatkan dan menjadi beban untuk suatu saat nanti.

  • Sebagai Investasi Untuk Masa Depan

Biasanya, perusahaan asuransi membuat kebijakan pengembalian dana saat masa berlaku polis telah habis. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati bersama. Dalam hal ini, membeli produk asuransi kesehatan sama dengan investasi tabungan masa depan. Nilai plusnya adalah nasabah akan mendapatkan jaminan layanan kesehatan sehingga meringankan kalian saat biaya pengobatan terus melonjak. Setelah kontrak habis, nasabah dapat menggunakan tabungan tersebut untuk modal usaha atau memenuhi kebutuhan lain.

Tentunya, dengan mengambil manfaat dari asuransi kesehatan, adalah terciptanya rasa tenang dalam bagi setiap pemegang polis asuransi. Dengan memiliki asuransi kesehata, maka nasabah sudah memiliki perlindungan jaminan kesehatan yang dapat memanfaatkannya kapan saja, tanpa harus memikirkan keuangan, dan merepotkan keluarga atau orang lain jika terjadi sesuatu secara tiba-tiba. Manfaat asuransi kesehatan akan sangat terasa apabila suatu saat Anda mengalami gangguan kesehatan yang pengobatannya memerlukan biaya besar. Jadi, tidak ada ruginya bukan membeli produk asuransi kesehatan?

photo sumber: klikdokter

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: