Memiliki Asuransi Kesehatan, Penting atau Tidak?

Scroll down to content

Siapa pun pasti ingin memiliki tubuh yang sehat, tubuh yang terhindari dari berbagai resiko penyakit. Meskipun sudah menerapkan pola hidup sehat, mengantisipasi hal tersebut tidak terjadi pada tubuh kita, tidak ada salahnya bila kita menyediakan “payung” jika suatu saat, hal yang diharapkan itu terjadi pada tubuh kita. Sebagaimana yang kita ketahui, “payung” yang dapat kita sediakan untuk hal ini, adalah dengan membeli produk asuransi kesehatan. Mendengar kata “asuransi”, banyak orang yang tidak suka dan dinilai menipu. Sebelumnya, mari kita mengenal, apa itu sebenarnya asuransi.

Asuransi kesehatan merupakan jenis pertanggungan asuransi yang membayar biaya medis, bedah, ataupun terkait biaya perawatan kesehatan seperti yang disebutkan dalam polis asuransi. Perusahaan asuransi yang menerbitkan polis asuransi kesehatan dapat mengganti biaya tertanggung untuk biaya yang timbul karena sakit atau cedera, atau membayar biaya perawatan secara langsung. Asuransi juga dinilai sebagai bentuk jaminan perlindungan.  Pada dasarnya, setiap orang disarankan memiliki asuransi kesehatan. Alasannya, biaya pengobatan saat ini dinilai sudah terlalu tinggi. Tak jarang, banyak orang yang harus menjual harta, investasi, properti yang dimiliki untuk biaya berobat, sampai dengan masalah keuangan lainnya.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, minimal diri kita sudah ada suatu pegangan jika suatu saat sakit, harus menjalani pengobatan dan perawatan. Jaminan atau manfaat perlindungan yang didapatkan lebih besar daripada premi yang dibayarkan jika terjadi risiko. Tentunya, tidak akan ada yang dapat memprediksi apakah tubuh ini akan selalu sehat kedepannya. Dengan ancaman kesehatan yang semakin beragam, memiliki jaminan perlindungan adalah salah satu jalan untuk meringankan beban saat risiko itu terjadi. Paling tidak, kita tidak membebani keluarga untuk memikirkan biaya pengobatan dan perawatan jika seandainya suatu saat sakit.

Seperti yang kita ketahui bersama, semakin tinggi penyakit yang diderita, maka semakin tinggi pula biaya perawatan medis yang harus dikeluarkan. Belum lagi biaya lain-lainnya diluar biaya pengobatan. Biaya-biaya tambahan ini dapat ditutup oleh asuransi kesehatan sesuai dengan kebijakan pada polis asuransi. Maka dari itu, penting untuk mengetahui rincian fasilitas yang didapat saat pembukaan polis. Dengan adanya asuransi kesehatam, kita dapat terbantu dalam menutup sebagian atau seluruh biaya perawatan tersebut.

Bijaklah dalam memilih produk asuransi kesehatan, ketahui seluruh perincian dengan jelas dan sesuai dengan kebutuhan tentunya. Tidak adalah salahnya mencegah, daripada mengobati, bukan?

sumber: diolah dari berbagai sumber

Photo by Shutterstock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: