Cara Sederhana Mengenal Karakter Seseorang

Scroll down to content

Ketika sedang berhadapan dengan seseorang, tentunya penting untuk mengetahui bagaimana karakter orang tersebut. Membaca karakter seseorang berguna untuk mengetahui cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menghadapi orang-orang di sekitar kita. Manusia sebagai makhluk sosial tentunya akan sering berhadapan dengan orang-orang yang beraneka ragam. Mengetahui karakter orang, akan membantu kita dalam pergaulan maupun komunitas. Untuk membaca karakter dari orang tidaklah susah. Berikut adalah beberapa cara membaca karakter seseorang dapat dilakukan melalui beberapa hal berikut:

  • Cara Berjabat Tangan

Berjabat tangan bisa menjadi cara membaca karakter seseorang dengan efektif. Jabatan tangan yang kuat menandakan seseorang yang memiliki rasa percaya diri tinggi, sementara jabatan tangan yang lemah bisa menunjukkan kurangnya kepercayaan diri seseorang, dan cenderung suka mencari jalan yang mudah dalam melakukan segala sesuatunya.

  • Pengaturan Waktu

Orang yang selalu tidak tepat waktu hampir pasti akan mendapatkan image yang buruk, sedangkan orang yang aktif sudah pasti akan datang tepat waktu, karena mereka adalah orang yang sangat menghargai waktu. Akan tetapi, sebetulnya orang yang sering datang terlambat pun bukan berarti dirinya adalah orang yang tidak menghargai orang lain. Bisa jadi orang tersebut mempunyai karakter yang santai.

  • Cara Minum

Orang yang melihat ke dalam cangkir ketika sedang minum kemungkinan adalah orang yang mawas diri, sadar diri, idealis dan fokus. Sedangkan orang yang tatapan matanya jatuh pada bibir cangkir ketika sedang minum, kenungkinan merupakan orang yang mudah dipengaruhi, ceria, dan sadar lingkungan, terbuka dan mudah mempercayai orang lain.

  • Kontak Mata

Banyak orang yang tidak melakukan kontak mata walaupun sedang berhadapan dengan lawan bicaranya. Orang yang melakukan kontak mata dengan benar adalah orang – orang yang percaya diri dan secara sosial dia adalah orang yang dominan.

  • Cara Makan

Mengamati cara makan seseorang juga dapat menjadi cara membaca karakter yang dapat diandalkan dalam beberapa kesempatan. Misalnya, orang yang makan dengan lambat biasanya adalah orang yang senang berada di bawah kontrol. Orang yang senang mencoba – coba berbagai makanan adalah orang yang senang pada tantangan dan berani mengambil resiko. Orang yang selalu memilih makanan cenderung mudah cemas dan bermasalah dengan emosinya. Sedangkan orang yang memisahkan makanan yang ada di piringnya sesuai dengan jenis makanan tersebut, maka orang itu biasanya adalah orang yang senang berhati – hati dengan detail.

Penting untuk mengenal kepribadian orang-orang di sekitar kita untuk memudahkan kita ketika beradaptasi di lingkungan manapun. Dengan mengetahui karakteristik orang, kita akan dengan mudah menempatkan diri kita dan memperlakukan orang yang berada di sekitar kita dengan menyenangkan. Manusia tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan, untuk itu, kita juga harus menerima kekurangan setiap orang, agar kita selalu merasa nyaman ketika berada di lingkungan baru sekalipun.

Sumber: Situs Dosen Psikologi

Photo by Shutterstock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: