Sering Bergadang Bermain Ponsel? Inilah Yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu.

Scroll down to content

Ponsel sudah jadi salah satu kebutuhan wajib yang digunakan oleh setiap orang. Tak jarang, banyak orang yang sulit lepas dari ponselnya. Ada pula yang kerap begadang semalaman sambil main ponsel, baik untuk kesenangan pribadi misalnya bermain permainan di ponsel ataupun asyik bersosial media. Apa yang terjadi pada tubuh jika terlalu berlebihan dalam bermain ponsel? Orang yang suka bermain dengan ponselnya, pada siang hari, cenderung akan mudah lelah dan jadi gampang mengantuk. Bahkan efek jangka panjangnya kekebalan tubuh pun bisa menurun akibat selalu terjaga lantaran bermain ponsel. Dalam jangka panjang, kekebalan tubuh juga akan turun. Berikut adalah akibat jika tubuh terlalu dipaksakan untuk bergadang dan bermain ponsel :

  • Pelupa

Begadang jika dilakukan terus menerus akan berakibat kurangnya suplai darah ke otak. Akibatnya terjadi penurunan kemampuan memori otak   karena pasokan darah berkurang dalam otak.  Jika kamu seringkali lupa sesuatu hal yang baru saja terjadi, mungkin itu bisa menjadi pert  bahwa kemampuan otakmu menurun. Jangan meremehkan ponsel, karena akibatnya bisa jadi berdampak serius pada kehidupan kita. Pelupa ada gejala awal, lalu pasokan darah ke orak terus berkurang, dan dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental.

  • Rentan Terkena Penyakit

Bermain ponsel hingga larut malam, tentu saja merupakan kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan. Tidak hanya kesehatan  yang akan turun, tubuh pun menjadi rentan penyakit. Penyakit yang biasa diderita oleh orang yang gemar begadang sambil main ponsel biasanya berkaitan dengan masalah berat badan, kekebalan tubuh, bahkan penyakit jantung dan diabetes akibat kegemukan.

  • Kulit jadi Bermasalah

Radiasi yang dipancarkan perangkat elektronik seperti ponsel dapat berdampak sangat serius terhadap kulit. Kulit manusia akan berubah kusam saat sering terjaga pada waktu malam sampai larut pagi. Apalagi ditambah dengan terus menerus menatap layar ponsel, radiasinya akan membuat kulit kusam, timbul jerawat, bahkan cepat keriput.

Itulah perubahan yang mungkin terjadi pada tubuh jika kita sering begadang sambil main ponsel. Ada baiknya, matikan ponsel ketika saatnya untuk tidur dan tidak membiasakan diri tiduran sambil main ponsel. Hal-hal yang berlebihan tidak akan baik untuk kesehatan, begitu juga dengan berlebihan bermain ponsel. Rawat dan jagalah tubuhmu dengan baik, karena kesehatan adalah mahal.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: