Berbahayakah Jika Kebanyakan Minum Air Putih?

Scroll down to content

Air putih merupakan air yang wajib dikonsumsi oleh seluruh orang. Air putih merupakan air yang sudah matang dan tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau dan bersifat jernih. Meskipun semakin berkembangnya jaman, orang-orang sudah mulai beralih ke minuman lainnya, tetapi tetap mengkonsumsi air putih tidak tergantikan. Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Seringkali orang menggangap bahwa air putih merupakan minuman sepele.

Nyatanya, air putih ternyata memiliki kandungan dan fungsi yang penting yang diperlukan oleh tubuh. Tubuh manusia sendiri terdiri hampir sekitar 70% dari air. Beberapa penelitian pun sudah menyebutkan bahwa cara terbaik mengkonsumsi air putih dengan minum 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air.  Berikut adalah beberapa hal yang mengharuskan seseorang harus memperbanyak minum air putih :

  • Darah di dalam tubuh manusia terdiri dari 80% kandungan air, maka dari itu air sangat dibutuhkan untuk membuat sel darah baru yang sehat.
  • Tulang  manusia terdiri dari 50% air, tidak ada perbedaan dengan darah, tulang pun membutuhkan air untuk membuat sel tulang baru yang sehat.
  • Air dapat menggerakkan sistem getah bening, syaraf, pembuluh darah, dan cairan yang akan bergerak pada otot agar berfungsi normal.
  • Air membantu tubuh untuk membuang racun dan zat yang tidak berguna melalui sistem getah bening, ginjal, dan pencernaan.
  • Air akan melancarkan metabolisme, jadi jika kamu kegemukan berarti mungkin kamu membutuhkan lebih banyak air.

Setiap harinya, tubuh akan kehilangan cairan melalui berbagai proses seperti bernapas, keringat dan buang air kecil. Agar fungsi tubuh dapat tetap berjalan dengan baik, cairan yang hilang tersebut harus terus digantikan. Tidak hanya dengan air putih, kebutuhan cairan juga bisa didapatkan dari minuman lain, buah, dan sayur-sayuran.  Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk dalam hal minum air putih. Jika kamu terlalu banyak minum air putih, maka dapat timbul kondisi yang disebut sebagai water intoxication atau keracunan air putih.

Minum air putih terlalu berlebihan, bisa meningkatkan jumlah cairan di tubuh. Air tersebut dapat melarutkan elektrolit yang ada di tubuh, termasuk sodium. Jika kadar sodium di tubuh terlalu rendah, maka bisa timbul kondisi yang disebut hiponatremia. Nah, setelah mengetahui ini, semoga kita tidak salah sangka mengenai air putih. Jangan lupa untuk mengimbangi konsumsi air putih dengan makan makanan bergizi dan sehat, serta olahraga secara teratur.

sumber: diolah dari sumber lainnya

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: