Kenali Dulu Asuransi Kesehatan Sebelum Membeli

Scroll down to content

Bagi sebagian orang dengan memiliki asuransi kesehatan, peserta asuransi akan terjamin kesehatannya dan meminalkan pengeluaran akibat kejadian tak terduga yang mengancam kesehatan.

Dengan mendapatkan manfaat asuransi, peserta wajib membayar sejumlah uang yang disebut premi kepada perusahan asuransi. Kemudian, perusahaan asuransi akan memberikan dana asuransi untuk membiayai pengobatan dan perawatan jika peserta mengalami sakit atau kecelakaan.

Sebelum memutuskan menggunakan asuransi kesehatan, tak ada salahnya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis asuransi kesehatan.

Jenis asuransi kesehatan berdasarkan pihak tertanggung terbagi menjadi tiga:

  1. Asuransi Kesehatan Individu
    Asuransi kesehatan individu secara khusus menangani masalah jaminan kesehatan secara individu atau perorangan. Anda dapat memeroleh produk asuransi ini dengan cara mengajukan secara pribadi melalui agen atau perusahaan asuransi.
  2. Asuransi Keluarga
    Sesuai namanya, asuransi kesehatan keluarga menjamin kesehatan Anda dan keluarga. Berapa banyak orang yang didaftarkan dalam asuransi tersebut, bergantung pada Anda sebagai nasabah asuransi. Jumlah anggota keluarga dan premi yang harus dibayarkan dapat ditentukan pada polis asuransi.

Manfaat memiliki asuransi keluarga, cakupan tanggungan berlaku bagi semua anggota keluarga yang telah anda daftarkan. Namun premi yang harus anda bayarkan kepada perusahaan asuransi juga akan lebih besar dibandingkan asuransi kesehatan individu.

  1. Asuransi kesehatan kelompok
    Asuransi kesehatan kelompok merupakan produk asuransi kesehatan yang melayani jaminan kesehatan secara kelompok. Jenis asuransi ini biasanya diminati oleh perusahaan yang ingin memberikan fasilitas kesehatan kepada karyawannya. Biasanya, perusahaan mendaftarkan semua karyawan yang bekerja di perusahaannya, sehingga setiap karyawan di perusahaan tersebut secara otomatis mendapatkan asuransi kesehatan dengan pertanggungan tertentu.

Berdasarkan pengelola dana, asuransi kesehatan dapat dibedakan menjadi:

  1. Asuransi pemerintah
    Pengelola dana asuransi oleh pemerintah memberikan keuntungan biaya kesehatan lebih mudah diawasi. Namun, pada umumnya mutu pelayanannya kurang dibandingkan asuransi swasta.
  2. Asuransi swasta
    Asuransi ini pengelola dananya dilakukan oleh perusahaan swasta. Keunggulan asuransi swasta, pelayanan yang diberikan relatif baik.

Selain itu, jenis asuransi juga dibedakan berdasarkan keikutsertaan anggota, yakni:

  1. Wajib
    Dalam hal ini, individu diwajibkan membeli polis asuransi kesehatan. Misalnya, para karyawan dalam sebuah perusahaan besar. Karyawan harus mengikuti aturan perusahaan untuk membeli polis asuransi kesehatan yang pembayaran preminya dilakukan melalui pemotongan gaji bulanan.
  2. Sukarela
    Jenis asuransi ini membebaskan orang memilih antara membeli atau tidak membeli asuransi kesehatan. Orang yang bersangkutan mengikuti asuransi secara sukarela tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Jenis asuransi kesehatan juga dapat dilihat dari cara penggantian dana:

  1. Cashless
    Perusahaan asuransi memberikan kartu anggota yang dapat digesek di rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi.
  2. Reimbursement
    Sistem reimbursement mengharuskan nasabah membayarkan terlebih dahulu seluruh biaya pengobatan. Setelah itu, nasabah mengurus dan melengkapi dokumen untuk diajukan kepada perusahaan asuransi untuk meminta ganti rugi pembayaran rumah sakit. Namun, penggantian biaya rumah sakit ini ada kalanya tidak tercover semua, bergantung pada plafon yang tercantum dalam polis.

Sumber :Medcom.id
Foto : Hello Sehat

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: