Ini Dia 10 Manfaat Mengonsumsi Buah Semangka

Scroll down to content

Buah khas tropis ini banyak menyimpan manfaat bagi tubuh orang yang rajin mengonsumsinya. Memiliki tekstur lembut dan menyegarkan, biasanya dijadikan pencuci mulut setelah makan.

Buah ini bahkan disarankan bagi mereka yang menjalani pola makan dan diet untuk penurunan berat badan.

Apa saja manfaat dari buah semangka yang memiliki warna daging buah merah dan kuning ini? Simak urainnya berikut ini.

Kandungan Semangka
Semangka dikenal sebagai buah yang mengandung banyak air, padat nutrisi, dan disarankan sebagai salah satu makanan untuk mereka yang menjalankan pola makan sehat.

Berikut ini adalah sejumlah kandungan nutrisi dalam secangkir semangka (154 gram):

  • Energi 46,2 kkal
  • Karbohidrat 11,6 gram, termasuk 9,6 gram gula
  • Serat 0,6 gram
  • Kalsium 10,8 milgram
  • Fosfor 16,9 milgram
  • Magnesium 15,4 milgram
  • Kalium 172 milgram
  • Vitamin C 12,5 milgram
  • Folat 4,6 mikrogram
  • Kolin 6,3 milgram
  • Vitamin A 43,1 mikrogram
  • Beta karoten 467 mikrogram
  • Lutein dan zeaxanthin 12,3 mikrogram
  • Lycopene 6,980 mikrogram
  • Fitosterol 3,08 mikrogram
  • Vitamin B, seperti tiamin, niasin, dan riboflavin.
  • Zinc, mangan, selenium, fluorida, dan mineral penting lainnya.
  • Triptofan, leusin, lisin, arginin, dan antioksidan lainnya.

Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Selain menyegarkan dan melepaskan dahaga karena kandungan air yang banyak dalam semangka, berikut ini adalah sejumlah manfaat semangka untuk kesehatan:

  1. Menyehatkan Jantung
    Khasiat buah semangka yang pertama adalah menyehatkan jantung. Selain tomat, semangka menjadi salah satu buah yang sangat kaya likopen. Likopen adalah karotenoid, salah satu jenis antioksidan yang dapat mencegah kerusakan tubuh dan sel akibat radikal bebas.

Selain itu, likopen juga dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat yang memicu penyakit jantung koroner. Khasiat ini didukung oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa likopen baik untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Menangkal Radikal Bebas
    Semangka adalah sumber likopen yang luar biasa. Kandungan likopen ini menjadikan manfaat semangka sangat bagus untuk kesehatan jantung dan tulang, karena likopen berfungsi sebagai antioksidan. Sebagai antioksidan, kemampuan likopen sangat menakjubkan untuk menetralisir molekul radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh.
  2. Mencegah Dehidrasi
    Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan air yang sangat tinggi. Maka tak heran jika buah ini sangat disukai di wilayah tropis dan menjadi buah favorit saat musim panas di negara empat musim. Berkat kandungan air yang sangat tinggi, khasiat buah semangka membuat seseorang terhindar dari dehidrasi dan rasanya tentu lebih enak daripada air mineral biasa.
  3. Mengatasi dan Mencegah Impoten
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat semangka sebagai obat kuat alami untuk pria. Ini karena makan semangka dapat memberikan efek yang sama seperti viagra, bisa mengobati impoten, dan mencegah impoten, demikian penuturan Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station yang dilansir sciencedaily. Kelebihan dari semangka adalah tidak menimbulkan efek samping seperti yang sering terjadi jika seseorang mengonsumsi obat kuat.

Tidak hanya daging buahnya, manfaat kulit semangka dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi ringan hingga sedang. Kekuatan penambah libidonya berasal dari asam amino citrulline, yang terkandung di kulit.

  1. Mencegah Asma
    Menjadi salah satu antioksidan yang berperan penting, likopen dapat membantu reaksi tubuh terhadap dingin dan flu. Hal yang lebih menarik adalah antioksidan diyakini bisa mengurangi asma pada anak-anak. Jika asupan likopen ditambah vitamin A yang cukup akan semakin bermanfaat bagi penderita penyakit asma.
  2. Mengontrol Diabetes
    Saat Anda mengonsumsi semangka, ginjal mengubah satu asam amino, L-citrulline, menjadi asam amino lain, L-arginine. Dua asam amino ini memiliki banyak manfaat kesehatan, tidak sedikit digunakan mengontrol diabetes.
  3. Mencegah Batu Ginjal
    Khasiat buah semangka sangat membantu dalam membersihkan endapan beracun di ginjal karena mengandung banyak kalium dalam buah ini. Selain itu, semangka juga membantu mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.
  4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
    Menurut penelitian yang telah diterbitkan dalam The American Journal of Hypertension, bahwa manfaat semangka dalam bentuk ekstrak dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada orang gemuk yang menderita hipertensi. Ini karena jumlah kalium dan magnesium yang ada dalam semangka sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah.

Kalium dianggap sebagai vasodilator, yang berarti melepaskan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga merangsang aliran darah dan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Karotenoid dalam buah ini juga mencegah pengerasan dinding arteri dan vena, sehingga membantu mengurangi tekanan darah dan kemungkinan pembekuan darah, stroke, serangan jantung, dan aterosklerosis.

Tidak hanya dagingnya, manfaat kulit semangka juga dapat menurunkan hipertensi karena kandungan citrulline terkonsentrasi dalam kulit semangka.

  1. Mencegah Kanker
    Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Dr. Laura Bowers, Departemen Gizi, University of North Carolina di Chapel Hill, AS menunjukkan bahwa insulin-like growth factors (IGF) atau faktor pertumbuhan sepetri insulin yang lebih rendah penting untuk mengobati kanker. Manfaat semangka juga membantu menurunkan insulin yang sering menjadi faktor utama kanker memburuk.

Semangka telah mendapatkan banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir, terutama karena tingkat likopen dalam semangka, senyawa fitonutrien karotenoid yang semakin dipercayai berkhasiat sebagai pencegah kanker.

Likopen telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko kanker prostat, payudara, usus besar, paru-paru, dan endometrium. Secara keseluruhan, antara potensi antioksidan dari vitamin C, sifat antitumor dari cucurbitacin E dan efek likopen, semangka adalah buah anti-kanker yang bagus.

  1. Mengurangi Risiko Kolesterol
    Khasiat buah semangka dapat membantu mengurangi kolesterol dan menjaga jantung terhindar dari berbagai kondisi berbahaya karena serat dalam semangka bersama dengan vitamin C, karotenoid, dan kalium.

Sumber : Doktersehat
Foto : iStockphoto

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: