Tawon Vespa Affinis, Jenis Tawon Paling Berbahaya dan Ditakuti

Scroll down to content

Tawon merupakan serangga terbang yang dikenal dapat menyengat bila merasa terganggu dan warnanya yang mencolok pada beberapa spesies. Tawon termasuk dalam ordo Hymenoptera yang juga beranggotakan semut dan lebah. Sengatan dari tawon pun memberikan efek yang berbeda-beda. Salah satu jenis tawon yang dianggap sangat berbahaya adalah Tawon Vespa Affinis atau sering disebut dengan sebutan Tawon Ndas. Tawon Vespa Affinis merupakan salah satu jenis tawon yang berbahaya dan mampu mematikan manusia dalam waktu singkat.

Tawon Vespa affinis biasanya hidup di kawasan subtropis Asia, seperti Hongkong, Taiwan, Sri Lanka, Burma, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, hingga Indonesia. Di Jakarta, tawon tak lantas hidup di antara gedung pencakar langit. Kawanan tawon ndas tetap mencari tempat rimbun. Tawon ini juga menjadi predator pemangsa serangga lain dan sering berkeliaran di tanaman, termasuk bunga tanaman pisang. Tawon Vespa Affinis memiliki ciri-ciri ukuran tubuh sepanjang kurang lebih tiga sentimeter. Warna Tawon Vespa Affinis didominasi hitam dengan gelang warna kuning atau oranye di bagian perutnya.

Seseorang yang tersengat Tawon Vespa Affinis akan mengalami alergi dengan gejala bengkak. Bengkak tersebut dapat ditangani dengan cara kompres menggunakan es atau obat-obatan antihistamin dan corticosteroid. Akan tetapi, jika tak ditangani selama 1×24 jam atau yang menyerang dalam jumlah banyak, hiperalergi berlanjut menjadi anafilaksis atau reaksi alergi berat yang dapat menimbulkan risiko sistemik atau merusak organ tubuh. Tawon Vespa affinis mempunyai racun sengat sehingga orang yang menerima sengatan cukup banyak dapat mengalami kematian. Jika sengatan cukup banyak dan korban yang tersengat memiliki kesensitifan terhadap alergi dengan racun (venom) sengat, maka dipastikan tidak akan lama dapat bertahan hidup.

Jika tak ditangani dengan tepat, sengatan dapat merusak organ tubuh seperti edema paru akut dan gagal ginjal dalam hitungan hari. Edema paru akut merupakan kondisi adanya penumpukan cairan di paru-paru yang menyebabkan kesulitan bernapas. Sementara gagal ginjal akut mengakibatkan fungsi ginjal menurun secara drastis. Pada sengatan pertama, tawon akan mengeluarkan feromon atau senyawa yang dapat memicu tawon lain ikut menyerang. Serangan pertama ini dapat berubah menjadi serangan koloni yang mematikan. Oleh karena itu, jika melihat adanya sarang tawon, usahakan untuk tak merusaknya, karena Tawon Vespa affinis memiliki kemampuan memanggil kawanannya untuk melakukan serangan balik. Tawon Vespa affinis juga memakan bangkai sehingga sisa-sisa daging dan fermentasi di tempat sampah pun dapat menjadi sumber makanan tawon ndas ini.

Sumber: Kompas Sains

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: