Hadapi New Normal Tanpa Khawatir

Scroll down to content

New normal atau kehidupan normal yang baru, merupakan sebuah istilah dalam bisnis dan ekonomi yang merujuk kepada kondisi-kondisi setelah pandemi Covid-19. Menjalani kehidupan normal yang baru, yang sebelumnya dianggap tidak normal dan tidak lazim, kini menjadi umum dilakukan. Inilah yang akan kita semua lakukan, mungkin sampai beberapa tahun kedepan setelah vaksin Covid-19 ditemukan. Hampir semua negara menghimbau warganya untuk tetap tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak. Terkecuali, memang bagi mereka yang harus keluar dan kegiatannya tidak bisa dilakukan dari rumah. Perubahan pola hidup new normal juga harus diimbangi dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19. Lalu, bagaimana menjalani kehidupan new normal dan harus berdampingan dengan Covid-19? Dr. Hans Henri P.Kluge, Direktur Regional WHO untuk Eropa juga memberikan panduan untuk negara-negara yang menerapkan new normal. Berikut adalah hal-hal perlu diketahui untuk menghadapi new normal :
• Saat harus beraktifitas diluar rumah dan kembali lagi ke rumah
Tidak memaksakan diri untuk keluar rumah saat sedang tidak sehat. Bila harus keluar dan kembali ke rumah, lakukan hal-hal seperti menyemprotkan disinfektan pada benda-benda yang dibawa atau digunakan, mencuci tangan dengan air dan sabun, tidak menggunakan kembali baju dan celana yang digunakan dan segeralah mandi dan berganti pakaian bersih sebelum bersantai atau berkumpul dengan keluarga.
• Saat harus menggunakan kendaraan umum atau fasilitas umum lainnya
Bila harus berpergian menggunakan transportasi umum, jangan lupa untuk menjaga kebersihan tangan, sediakan selalu di dalam tas hand sanitizer. Jika berada dalam fasilitas umum lainnya, jangan lupa untuk menjaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain. Jangan lupa, untuk menggunakan masker dimana pun berada.
• Saat harus berbelanja kebutuhan hidup
Sudah sewajarnya berbelanja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jika bertemu dengan banyak orang, jangan lupa untuk terapkan physical distancing, dan menggunakan sarung tangan untuk menyentuh barang-barang. Jangan menyentuh wajah atau barang-barang pribadi, misalnya tas dan handphone, sebelum mencuci tangan. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko terkontaminasi virus Corona.
Saat ini, kita sudah hampir mencapai fase 3 untuk menghadapi new normal. Dimana pada fase 3 ini yang akan dilakukan pada 15 Juni 2020. Salon atau spa sudah diperbolehkan buka dengan protokol kebersihan yang ketat. Kegiatan pendidikan juga sudah diperbolehkan dengan menerapkan sistem shift atau sistem masuk bergantian. Fase ini masih akan berlanjut hingga fase 5 yang akan dimulai pada 27 Juli 2020 mendatang. Sampai dengan vaksin ini ditemukan, ingat selalu hidup dengan protokol kesehata

Sumber: diolah dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: