Intip Rahasia Pola Makan Orang Prancis yang Bikin Tubuh Ideal

Scroll down to content

Banyak kalangan medis memuji pola makan orang Prancis. Orang Prancis dikenal punya rahasia badan tetap langsing dan sehat, meski mengonsumsi jumlah makanan yang banyak. Kebiasaan makan ini dikenal dengan ‘French paradox’ atau paradoks Prancis.

Beberapa mengaitkan paradoks ini dengan konsumsi anggur merah yang mengandung resveratrol. Sebagian lain mengaitkannya dengan cara makan orang Prancis yang lama dan lambat.

Namun, faktor penting dalam kebiasaan makan Prancis ini adalah tidak ngemil.

Dikutip dari situs kuliner Eat This, anak-anak di Prancis biasa memulai hari mereka dengan sarapan berupa susu dan tartine yang berupa irisan roti segar dengan mentega atau selai. Sedangkan orang Prancis dewasa biasanya sarapan dengan kopi atau kopi susu. Mereka tidak lagi makan tartine.

Di siang hari, orang Prancis mengonsumsi makanan dengan porsi yang cukup besar. Makan siang merupakan porsi makan paling besar dan paling lama bagi orang Prancis. Saat makan malam, orang Prancis makan dengan porsi yang lebih kecil dibandingkan makan siang.

Menu yang dipilih berupa menu tradisional di negara Menara Eiffel itu. Umumnya, mereka memulai dengan makanan pembuka berupa salad seperti wortel parut, akar seledri parut, atau bit dengan rempah rempah. Lalu dilanjutkan dengan makanan utama, keju, dan hidangan penutup.

Secangkir yogurt kerap dipilih untuk menjadi hidangan penutup. Yogurt baik untuk untuk pencernaan dan metabolisme untuk membakar lemak.

Tak hanya itu, orang Prancis tak menyantap makanan lain. Di sela-sela waktu makan, mereka tidak mengemil seperti makan keripik atau camilan sehat seperti smoothie.

Hanya ada sepotong kecil makanan untuk anak-anak di sore hari. Kebiasaan ini dikenal dengan ‘le quatre-heures’ yang berarti jam empat. Pada jam ini, orang tua memberikan camilan kecil untuk membuat anak tetap kenyang sepulang dari sekolah.

Sejumlah studi menunjukkan, mengonsumsi camilan merupakan salah satu faktor obesitas. Porsi makanan yang besar di siang hari saat beraktivitas membantu pembakaran lemak lebih optimal.

Anda dapat meniru kebiasaan makan ala orang Prancis ini untuk tetap sehat dan kurus. Penting pula untuk memperhatikan nutrisi yang seimbang pada pola makan sehari-hari.

Sumber : CNN Indonesia
Foto : daysbyday

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: