Sering Dianggap Tak Berguna, Inilah Manfaat Dari Asuransi Perjalanan / Travel Insurance

Scroll down to content

Pernahkah kamu melihat kolom “asuransi” jika kamu sedang membeli tiket secara online? Bagi sebagian orang yang tidak mengetahui kegunaan dan manfaatnya, tentu saja kolom tersebut selalu dilewatkan. Namun, apakah kamu mengetahui bahwa asuransi perjalanan itu sangat penting? Masih banyak orang yang berpendapat bahwa asuransi perjalanan tidaklah penting. Pada kenyataannya, memiliki asuransi perjalanan dapat melindungi diri kita dari berbagai risiko yang mungkin saja bisa terjadi disaat kita berlibur ataupun sedang melakukan dinas keluar. Sebagian orang berpikiran bahwa asurasnsi perjalanan hanya dapat diklaim jika terjadi kecelakaan. Padahal, sebenarnya tidak seperti itu loh.

Mari kita bahas lebih lanjut mengenai asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan merupakan salah satu jenis asuransi kerugian yang menyediakan perlindungan bagi seseorang selama berada dalam perjalanan. Asuransi ini sangat tepat untuk mereka yang suka bepergian jarak jauh dengan menggunakan pesawat, baik untuk bisnis maupun sekedar liburan. Dengan memproteksi diri dengan asuransi perjalanan, kita tidak perlu khawatir, jika sampai terjadi hal-hal tak terduga selama di perjalanan seperti keterlambatan pesawat, kehilangan bagasi, kehilangan barang akibat dicuri atau mengalami sakit hingga harus menjalani hari-hari di rumah sakit. Jika hal tidak menyenangkan tersebut terjadi saat kita berlibur, perusahaan asuransilah yang nantinya akan menanggung kerugian finansial yang terjadi akibat hal tak terduga tersebut. Nah, biasanya asuransi perjalanan ini dijual di situs perusahaan asuransi, situs booking pesawat, situs booking hotel, atau di bandara.

Selain itu, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan membeli asuransi perjalanan seperti yang dilansir dalam laman situs Allianz, antara lain :

  • Perlindungan medis

Tidak perlu khawatir jika harus dirawat dirumah sakit diluar negeri. Dengan membeli asuransi perjalanan, penggantian biaya pengobatan (hospital benefit) maupun santunan tunai harian untuk rawat inap di luar negeri (cash plan).

  • Bantuan darurat

Menghadapi masalah di negeri orang pasti tidak menyenangkan. Asuransi perjalanan memberikan bantuan darurat jika kamu menghadapi hal tak terduga yang tidak menyenangkan di luar negeri. Bantuan darurat ini mencakup evakuasi medis, pemulangan jenazah, dan 24 jam hotline bantuan darurat.

  • Manfaat kecelakaan

Jika kamu mengalami kecelakaan di luar negeri, maka asuransi perjalanan akan memberikan santunan kecelakaan dan santunan cacat permanen.

  • Manfaat kunjungan dan perawatan

Manfaat ini memberikan penggantian biaya untuk satu orang kerabat atau keluarga untuk tinggal bersama atau melakukan perjalanan bersama jika nasabah dirawat di luar negeri.

  • Ketidaknyamanan perjalanan

Risiko yang juga mengintai seseorang bila bepergian ialah risiko barang rusak atau hilang, serta keterlambatan penerbangan. Dengan memiliki asuransi perjalanan, maka kamu akan memperoleh perlindungan atas kerusakan dan kehilangan bagasi, uang, dan dokumen yang hilang selama perjalanan, atau luka akibat huru-hara atau terorisme. Kemudian, kamu akan memperoleh santunan untuk keterlambatan penerbangan dan bagasi, serta perlindungan atas pembatalan perjalanan.

  • Perlindungan rumah

Mengganti biaya kerugian akibat kebakaran rumah beserta isinya ketika nasabah melakukan perjalanan.

Biasanya, premi asuransi perjalanan termasuk terjangkau jika dibandingkan dengan biaya yang kamu keluarkan untuk perjalanan itu sendiri. Sebelum kamu membeli asuransi perjalanan, perhatikan dan bacalah seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku, dan sesuaiakan dengan kebutuhanmu. Asuransi perjalanan ada yang dijual untuk melindungi individu maupun keluarga. Masing-masing perusahaan asuransi yang menyediakan fasilitas asuransi perjalanan memiliki manfaat yang berbeda-beda. Lakukan riset terlebih dahulu agar tidak salah dalam memilih demi perjalanan yang menyenangkan.

Pic by FreePik

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: