Ketahui Manfaat Dari Asuransi Pendidikan Untuk Anak

Scroll down to content

Mempersiapkan dana pendidikan anak adalah hadiah terbaik yang bisa orangtua berikan kepada anaknya kelak. Ada beberapa produk keuangan yang bisa digunakan dalam menyiapkan dana pendidikan anak, salah satunya adalah asuransi pendidikan. Memiliki asuransi untuk pendidikan anak sangat penting untuk menyiapkan masa depan yang pasti. Asuransi pendidikan dinilai penting untuk dipersiapkan karena pendapatan bisa saja terhenti suatu waktu karena hal yang tak diinginkan, sementara biaya pendidikan anak setiap tahun selalu naik. Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa biaya pendidikan tak hanya sekedar iuran sekolah ataupun biaya gedung. Pengeluaran kebutuhan pendidikan lain seperti, buku, seragam, alat tulis, dan biaya lainnya juga perlu diperhitungkan.

Oleh karena itu, asuransi pendidikan merupakan suatu penunjang masa depan anak yang sangat penting. Namun, kenyataannya banyak orang tua yang belum mau menggunakan jasa asuransi pendidikan, karena dinilai masih mampu untuk membiayai. Karena subsidi sektor pendidikan yang telah diberikan pemerintah, dan anggapan asuransi yang dinilai terlalu mahal. Kemungkinan-kemungkinan buruk seperti orang tua meninggal, kecelakaan hingga cacat, PHK, atau pensiun saat anak masih dalam bangku pendidikan dapat mengorbankan pendidikan anak. Fungsi asuransi pendidikan anak adalah jaminan dana pendidikan anak hingga perguruan tinggi.

Lalu, bagaimana orang tua mempersiapkan Biaya Pendidikan yang kian mahal setiap tahun? Belum banyak orangtua yang paham akan masalah ini. Untuk yang memahami perkembangannya, tentu saja sudah siap menghadapi tingginya kenaikkan biaya sekolah, mempersiapkannya sejak dini. Merencanakan dana pendidikan anak lewat asuransi pendidikan memiliki kelebihan, yakni sebagai wadah penyimpanan dana sekaligus proteksi jiwa yang dapat menjamin si buah hati tetap dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang tinggi meski orangtua tutup usia. Caranya ialah dengan mencari tahu biaya di sekolah atau perguruan tinggi yang kamu siapkan untuk anak.

Kemudian, hitung nilai dana yang dibutuhkan di masa mendatang dengan memperhitungkan inflasi. Ketika hendak membeli asuransi pendidikan, jangan memilih sebelum membandingkan beberapa produk. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membandingkan suatu produk asuransi pendidikan dengan produk lainnya, seperti kelebihan yang ditawarkan oleh masing-masing polis, uang pertanggungan proteksi jiwa, nilai tunai untuk dana pendidikan, dan masa tunggu waktu pencairan nilai tunai. Nah, mungkin teman-teman yang sudah memiliki anak, sudah saatnya memikirkan hal-hal yang terbaik untuk sang buah hati di masa depan.

Sumber: Allianz, Tirto

Pic by WEARE

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: