Anggur, Buah Kaya Manfaat

Scroll down to content

Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya dijadikan jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, dan tentunya bisa juga untuk dimakan langsung. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Buah anggur mengandung senyawa metabolit sekunder yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Tanaman buah anggur sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah dan meluas hingga berbagai penjuru dunia, dan digemari hampir di seluruh belahan dunia. Dilansir dari laman Lagizi, anggur merupakan salah satu buah yang populer di dunia. Tekstur, rasa, dan jenisnya yang bermacam-macam, serta banyaknya manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi buah ini membuat anggur semakin digemari. Anggur dipercaya dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan konstipasi.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan seperti sayur dan buah-buahan dapat menurunkan risiko obesitas, penyakit jantung, kanker, bahkan kematian. Dalam 100 gram buah anggur (10 buah = 49 gram) mengandung 69 kalori. Kandungan air pada buah ini tergolong tinggi sehingga baik untuk mencegah dehidrasi. Anggur juga merupakan sumber vitamin A, C, B6, folat, mineral potassium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan selenium. Anggur juga mengandung flavonoid myricetin dan quercetin yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

Jika kita sering mengkonsumsi anggur, tanpa mengetahui manfaatnya, ketahuilah khasiat dari buah anggur sebagai berikut :

  • Mencegah dan memperlambat pertumbuhan kanker pada tubuh, kandungan anti-proliferasi dapat menghambat pertumbuhan agen penyebab kanker.
  • Menurunkan risiko atherosclerosis dan mencegah kerusakan karena kolesterol LDL.
  • Mencegah tekanan darah tinggi karena adanya kandungan potasium yang tinggi.
  • Menjaga kesehatan mata, serta menurunkan dan melawan kerusakan karena radikal bebas yang dapat menyebabkan katarak.
  • Melindungi kulit dari radiasi sinar UV yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan meminimalisis kerusakan sel pada kulit.
  • Menghaluskan kulit, karena kaya akan vitamin E dan dapat melembabkan kulit serta meratakan warna pada kulit.

Ternyata buah mini ini mengandung sejuta manfaat bagi tubuh. Mengkonsumsi buah-buahan memang sangat berguna dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan secara rutin yah. Setiap buah-buahan tentunya mengandung manfaat yang berbeda beda pula bagi tubuh.

Sumber: wikipedia, Lagizi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: