Salah Mengolah Makanan Bisa Jadi Racun Bagi Tubuh

Scroll down to content

Mengonsumsi makanan sehat memiliki banyak manfaat, termasuk melindungi diri dari ancaman penyakit kronis. Mengkonsumsi makanan sehat tak hanya soal apa yang akan dikonsumsi, tetapi juga pemilihan dan pengolahan bahan makanan tersebut. Perlu diingat bahwa, pengolahan hingga penyajiannya akan mempengaruhi kualitas pada makanan. Tak jarang, kita mendengar beberapa kasus yang menyebutkan seperti keracunan, akibat tidak hati-hati dalam memilih dan mengolah bahan makanan. Dengan kata lain, keracunan bisa berawal dari diri kita sendiri. Bahan makanan sudah seharusnya dan sewajarnya jika dicuci terlebih dahulu,  dan dimasak sebelum disajikan untuk dimakan.

Tapi tahukah kamu bahwa ternyata cara memasak juga punya aturan. Dilansir dari situs Fimela, berikut adalah kesalahan cara memasak yang sering terjadi saat mengolah makanan.

  • Memasak Sayur Terlalu Lama

Memasak sayuran terlalu lama bisa menghilangkan gizi pada sayuran. Bukan hanya bisa menghilangkan sebagian besar nutrisinya, tapi juga membuat sayur tak enak lagi di makan. Jangan terlalu lama merebus hingga lembek, berubah warna atau bahkan hancur.

  • Menggunakan Terlalu Banyak Bumbu

Menggunakan terlalu banyak bumbu pada masakan seperti misalnya menabur garam, kaldu ayam, dan kecap dalam satu hidangan bisa membuatnya menjadi ladang sodium, yang mana bisa menaikkan tekanan darah dan mengentalkan darah.

  • Memanaskan Minyak Berlebihan

Tidak semua minyak goreng dibuat dari bahan yang sama. Seperti misalnya minyak zaitun yang punya titik asap relatif rendah, yang berarti setelah melewati suhu tertentu akan terbakar dan mungkin melepaskan radikal bebas berbahaya.

  • Mengupas Kulit Sayuran Tertentu

Tidak semua kulit sayur harus dikupas, karena ternyata ada beberapa sayuran yang justru punya banyak nutrisi di bagian kulit. Kulit kentang, wortel, labu, mentimun dan apel mengandung nutrisi seperti mineral, vitamin dan serat sehingga aman jika dimakan sekaligus. Pastikan aja sudah dicuci bersih.

  • Memasak makanan Setengah Matang

Bahan makanan yang berasal dari daging, unggas, telur dan makanan laut harus dipastikan sudah dimasak dengan suhu yang aman dan dilihat dari tingkat kematangannya, terutama daging.

Setiap tubuh memiliki batasan yang berbeda-beda. Selain perlu mengonsumsi makanan sehat, kita sudah sewajarnya mengenali makanan apa yang baik untuk tubuh atau makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat memicu gangguan kesehatan.

Sumber: fimela

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: