Pantang Lakukan Hal Berikut Setelah Selesai Makan

Scroll down to content

Makan adalah kebutuhan sehari-hari manusia yang dilakukan untuk memberikan energi dan nutrisi kepada tubuh. Dengan makan, maka tubuh akan mendapatkan energi dan nutrisi yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk beraktivitas. Tidak semua aktivitas bisa dilakukan sesaat setelah makan, karena bisa berdampak tidak baik bagi tubuh. Namun, terkadang kita sering terburu-buru saat makan karena ingin melakukan kegiatan lain dengan cepat. Tanpa kita sadari, ternyata banyak aktivitas yang seringkali kita lakukan setelah makan yang justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita, karena mengacaukan metabolisme tubuh. Berikut adalah 5 aktivitas yang pantang dilakukan setelah makan yang dirangkum dari beberapa sumber lainnya, antara lain adalah  :

  • Berolahraga

Berolahraga dengan perut penuh akan mengantarkan kita pada kelesuan dan perut yang tidak nyaman.

  • Tidur

Tidur setelah makan akan menyebabkan surutnya asam dalam tubuh dan membuat tubuh tidak nyaman. Cobalah untuk makan malam sebelum jam 8 dan beri waktu untuk tubuh mencerna makanan tersebut. Cara seperti ini akan menguatkan metabolisme tubuh dan membuat selera makan tinggi.

  • Makan buah

Waktu terbaik untuk menyantap buah adalah pada saat perut kosong dan diisinya pun oleh buah-buah tertentu saja. Berbagai enzim dibutuhkan saat mencerna buah. Jadi, mengonsumsi buah setelah makan mungkin saja akan sulit dicerna dan menyebabkan masalah pencernaan, dada terasa seperti terbakar atau masalah lainnya.

  • Merokok

Sebelum atau sesudah makan, merokok tidak pernah direkomendasikan. Jika merokok sesudah makan, efeknya semakin buruk karena rokok mengadung carcinogens yang menyebabkan kanker.

  • Mandi

Proses pencernaan makanan dalam tubuh butuh banyak energi dan aliran darah yang baik menuju perut. Mandi setelah makan mungkin akan menghambat proses ini karena mengurangi aliran darah dan suhu tubuh. sebaiknya menunggu sekitar 45 menit setelah makan, baru mandi.

Nah, setelah membaca hal diatas, mana yang paling sering kamu lakukan? Jika ada hal-hal yang kamu lakukan seperti yang disebutkan diatas, kamu harus mulai menghentikan kebiasaan tersebut yah!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: