21 Juni, International Day of Yoga

Scroll down to content

Beberapa tahun terakhir, Yoga menjadi sangat populer di berbagai negara, salah satunya di Indonesia dan diminati di kalangan wanita ataupun pria. Yoga sendiri berasal dari negara India dan dianggap sebagai olahraga untuk melatih tubuh dan pikiran. Yoga harus dibantu oleh kesiapan fisik maupun psikologis, yang artinya adalah pikiran harus relaks sehingga gerakan tubuh juga dapat diatur dengan relaks. Yoga dipercaya dapat menciptakan keseimbangan antara fisik, mental, pikiran dan spiritual. Yoga biasanya menggunakan gerakan-gerakan fisik, latihan pernafasan, latihan konsentrasi.

Gerakan fisik pada Yoga dinilai dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melepaskan beban pikiran dan kecemasan, meregangkan ketegangan otot, mengurangi keluhan-keluhan fisik seperti nyeri pungung dan nyeri pinggang, dan meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, Yoga juga dapat melatih pernafasan dan latihan berkonsentrasi. Selain mampu menstabilkan emosi, yoga juga dapat menguatkan rasa percaya diri. Salah satunya yang paling dikenal adalah teknik meditasi. Meditasi melatih seseorang untuk dapat menghilangkan suara-suara dalam pikiran, sehingga tubuh dengan relaksasi yang dalam dapat melepaskan ketegangan di pikiran maupun otot. Meditasi juga dikenal dapat menanamkan rasa kesabaran, dan dapat menyeimbangkan emosi.

Jadi, dengan rutin melakukan yoga, selain kamu mendapatkan fisik yang kuat, pikiran yang dapat dikendalikan, kamu juga dapat menjaga kesehatan tubuh dan jiwa sekaligus. Tubuh semakin lincah, daya tahan tubuh meningkat, dan postur tubuh yang ideal. Selain itu yoga juga bermanfaat terhadap kecantikan, seperti kulit menjadi lebih halus, sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh seimbang sehingga kulit menjadi lebih kencang dan detoksifikasi alami, yang artinya tubuh mengeluarkan racun dari keringat sehingga tubuh menjadi bersih di dalam. Yoga juga dapat membantu mengatasi penyakit kegemukan, karena dapat menurunkan kadar narium, kadar yang menyebabkan obesitas. Selain itu, yoga juga dapat membantu meningkatkan peluang kehamilan loh!

Hari Yoga Internasional diperingati setiap tahun pada 21 Juni. Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah mengesahkan resolusi Hari Yoga Internasional pada 11 Desember 2014. Penentuan Hari Yoga Internasional diperingati setiap tahun pada 21 Juni menggunakan momentum Summer Solstice atau titik balik matahari musim panas, sebagai waktu terpanjang dalam setahun di belahan Bumi utara.

Pic by Yoga Jourmal

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: