Ini 9 Penyebab Payudara Gatal yang Perlu Diwaspadai Wanita!

Scroll down to content

Beberapa penyebab payudara gatal seperti penggunaan bra yang tidak sesuai, ruam, atau kondisi medis tertentu. Payudara gatal umumnya tidak berbahaya dan dapat diatasi dengan perawatan sederhana di rumah. Ketahui apa penyebab gatal di payudara, kapan harus ke dokter, dan bagaimana cara mengatasinya.

Gatal di payudara merupakan suatu kondisi normal. Sebagian besar wanita mungking pernah mengalami payudara gatal khususnya di bagian puting susu. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh iritasi kulit ringan, alergi suatu produk kecantikan, namun bisa jadi tanda kondisi medis tertentu.

Penyebab payudara gatal, silakan simak penyebabnya berikut ini :

  1. Kondisi Medis Tertentu
    Ada beragam penyebab kenapa wanita mengalami gatal di bagian bawah, puting, atau antara payudara. Apabila gejala gatal tersebut diikuti dengan ruam merah, nyeri, atau iritasi di sekitar payudara, gejala tersebut mungkin diindikasikan dengan kondisi medis tertentu, seperti Eksim dan Infeksi Jamur bahkan Psoriasis
  2. Pertumbuhan Payudara
    Gejala gatal yang Anda alami mungkin akibat pertumbuhan payudara. Payudara Anda mungkin membesar karena beberapa alasan, termasuk:
  • Efek kehamilan
  • Kenaikan berat badan
  • Sedang dalam pubertas
  • Latihan fisik
  • Perubahan hormon

    3. Kondisi Kulit Kering
    Apa jenis kulit Anda? Apabila Anda memiliki jenis kulit kering, maka rasa gatal mungkin terjadi bukan hanya di bagian kulit area payudara namun di bagian tubuh lain seperti leher dan wajah. Sebaiknya, gunakan pelembap, minyak kelapa, petroleum jelly, atau steroid topikal untuk menjaga kelembapan kulit agar tidak gatal dan pecah-pecah lagi.

    4. Ruam dan Biang Keringat
    Biang keringat adalah gangguan kulit umum yang terjadi akibat keringat terperangkap di bawah pori-pori kulit Anda. Kondisi ini akan menyebabkan ruam, bintik-bintik merah, panas, dan rasa gatal yang luar biasa. Ketahui apakah Anda memiliki gejala biang keringat di kulit sekitar payudara Anda.

    5. Penggunaan Bra yang Tidak Sesuai
    Ada beragam jenis, bahan, dan model bra. Anda mungkin menggunakan bra dengan bahan yang tidak menyerap atau ukuran yang salah sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pada kulit area payudara.

    6. Efek Samping Obat Tertentu
    Beberapa jenis obat yang Anda minum mungkin menyebabkan efek samping berupa gatal-gatal pada payudara, seperti:
  • – Obat jerawat tertentu.
  • – Obat kolesterol tertentu.
  • – Obat untuk menormalkan tekanan darah.
  • – Jenis obat tertentu mungkin meningkatkan risiko kulit gatal. Sebaiknya konsultasi lagi pada dokter apabila Anda minum suatu obat dan menyebabkan gejala tersebut.

    7. Gangguan Tiroid
    Salah satu gejala gangguan tiroid hipotiroidisme adalah kulit menjadi kering akibat hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid tidak cukup untuk menjaga kelembapan kulit dan fungsi tubuh lainnya. Salah satu akibatnya adalah kulit kering yang mungkin juga memicu iritasi dan rasa gatal pada area kulit payudara.

    8. Hamil atau Menyusui
    Ibu hamil mengalami perubahan hormon dan bentuk fisik secara signifikan. Kondisi ini juga membuat payudara berkembang dua kali lipat lebih besar. Akibatnya, ibu hamil mungkin mengalami stretch mark yang menyebabkan rasa gatal.

    9. Kanker Payudara
    Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, gatal di payudara disebabkan oleh gejala kanker payudara. Terdapat bentuk kanker payudara langka di mana sel-sel kanker berkumpul di sekitar puting susu.

Sumber : Dokter Sehat
Foto : iStockphoto

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: