Hidup Berdampingan Dengan “Toxic People”

Scroll down to content

Tanpa kita sadari, di sekitar lingkungan kita atau lingkaran pertemanan kita, pasti ada “Toxic People”.  Toxic People secara harfiah adalah orang yang beracun. Beracun bukan dalam arti yang sebenarnya. Beracun yang dimaksud adalah mereka yang memiliki sifat negatif dan sering merugikan orang lain, baik secara fisik maupun emosional. Biasanya, akan ada orang seperti ini dalam berteman maupun dalam keluarga. Ciri-ciri Toxic People  adalah “

  • Selalu Mengkriktik

Para Toxic People  biasanya senang jika mengkritik orang lain tanpa mencari tahu terlebih dahulu mengenai kebenarannya. Yang terjadilah adalah, tentu saja merugikan pihak yang dikritik oleh pata Toxic People .

  • Penuh Dengan Drama

Para Toxic People akan selalu merasa menjadi korban dan selalu menyalahkan orang lain. Permasalahan kecil dan sederhana pun bisa menjadi besar dan para Toxic People  juga merasa mereka yang paling dirugikan.

  • Penghasut

Penghasut adalah orang yang paling menyebalkan. Biasanya para Toxic People  akan menghasut orang lain untuk kesenangan diri mereka sendiri dan bahkan dapat membuat kita merasa berhutang budi kepada mereka.

  • Tidak peduli dan cuek

Toxic People tidak akan peduli pada masalah yang orang lain hadapi. Mereka cenderung menyalahkan dan menghakimi. Sebagai contoh, misalnya para korban pelecehan seksual, justru akan disalahkan karena gaya berpakaiannya.

  • Merendahkan orang lain

Toxic People  tidak akan pernah memuji orang lain. Sebaliknya, mereka akan menyangkal dan selalu membanding-bandingkannya dengan orang lain. Toxic People tidak suka dengan kesuksesan orang lain dan selalu membuat orang lain kesal.

Maka dari itu, kita perlu menghindari diri dari para Toxic People dengan cara, tidak menjadi salah satu dari ciri-ciri diatas. Dengarkan masalah orang lain dan berikanlah solusi yang positif. Bijaksanalah dalam mencerna masalah orang lain dengan mencari tahu fakta terlebih dahulu, sehingga tidak merugikan orang lain. orang dengan karakter Toxic People dikenal pandai dalam bersandiwara dan manipulatif. Sering kali, mereka melepaskan diri dari tanggung jawab dengan mengasihani diri sendiri. Hiduplah di lingkungan pertemanan yang positif agar mendapatkan kedamaian dalam hidup.

Pic by WikiHow

One Reply to “Hidup Berdampingan Dengan “Toxic People””

  1. Cara mengatasi mengatasi seseorang dengan sifat toxic ada 2 cara, yaitu dengan Sikap positif dan sikap asertif. Sikap positif untuk menghadapi toxic people adalah dengan memandang orang tersebut sebagai ujian yang membuat diri tertempa. Sehingga, dengan berinteraksi bersama orang tersebut dapat membuat diri individu menjadi lebih baik. Kemudian, apabila seseorang tidak bisa mengambil sikap positif sebagaimana yang telah diterangkan sebelumnya. Maka, dapat dengan mengambil sikap asertif. Sikap asertif ditunjukkan dengan mengungkapkan pendapat dan perasaan kita pada orang tersebut namun tidak membuat orang itu tersinggung. Bersikap terbuka dan memakai kalimat yang bagus untuk mengungkapkannya. Sumber : http://news.unair.ac.id/2019/12/06/dua-cara-menghadapi-toxic-people/

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: