Kecanduan Alkohol Dapat Menyakiti Fungsi Ginjal

Scroll down to content

Ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi vital dalam kehidupan. Salah satu fungsi ginjal adalah menyaring kurang lebih 200 liter darah dan mengendalikan atau memantau keseimbangan air dalam tubuh. Ginjal juga membantu seluruh jaringan tubuh menerima air agar dapat bekerja dengan baik sesuai fungsi organ. Ginjal akan bereaksi terhadap perubahan kadar air dalam tubuh, salah satunya adalah alkohol.

Orang yang terbiasa hidup dengan minum alkohol, bisa jadi karena memang menyukainya atau karena lingkungan dalam pergaulan, atau sekedar menghilangkan stress sementara. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat melukai ginjal. Pernahkah kamu merasa nyeri ginjal setelah minum alkohol? Bisa jadi, itu adalah tanda-tanda mengalami gangguan kesehatan lainnya, seperti :

  • Cedera Ginjal Akut

Cedera ginjal akut dapat disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Terjadinya cedera ini dapat terjadi apabila racun dalam darah jumlahnya lebih banyak daripada jumlah yang dapat disaring oleh ginjal. Jika cedera ginjal akut dibiarkan dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat dapat menyebabkan kejang atau koma. Gejalanya seperti kelelahan, mual atau muntah, sesak nafas, adanya tekanan atau nyeri pada dada.

  • Infeksi Saluran Kemih

Alkohol secara tidak langsung dapat meningkatkan resiko terkena infeksi saluran kemih dan menyebabkan sakit ginjal. Alkohol dapat meningkatkan keasaman urin serta dapat mengiritasi lapisan kandung kemih. Saat tubuh menerima alkohol, maka tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.

  • Penyakit Ginjal Kronis

Kebiasaan minum alkohol meningkatkan resiko penyakit ginjal, dan memaksa ginjal bekerja lebih keras sehingga dapat merusak organ hati. Penyakit ginjal kronis memerlukan perawatan jangka panjang yang berkelanjutan, termasuk transplantasi ginjal.

Selain penyakit ginjal diatas, bisa terjadi beberapa kemungkinan komplikasi penyakit lain yang mungkin dapat dialami oleh orang yang memiliki kebiasaan minum alkohol, antara lain seperti tekanan darah tinggi, anemia, penyakit jantung, gagal hati, dan penumukan cairan. Untuk itu, jagalah kesehatan karena kesehatan jauh lebih mahal harganya dari sekedar alkohol.

sumber: diolah dari beberapa sumber

pic by honestdocs

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: