Yuk Rasakan 5 Manfaat Vanilla untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Scroll down to content

Bagi kita mungkin terbiasa menggunakan bahan vanilla dalam pembuatan kue atau roti atau minuman. Aromany khas akan menambah kelezatan kue atau roti itu sendiri.

Walau demikian, vanilla ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan yang belum banyak diketahui orang.

Sebab, selama ini orang lebih sering menggunakannya sebagai bahan pelengkap dalam pembuatan kue dan roti saja.

Namun, penggunaan vanilla di luar negeri tidak sebatas bahan pelengkap saja. Manfaat dari vanilla digunakan dalam menjaga kesehatan.

Namun tahukah Anda, kalau vanilla yang tersebar luas di Indonesia bukanlah vanilla aslinya. Mayoritas vanilla yang dijual di pasaran hanya artificial flavour atau perasa buatan saja.

Selain vanilla dapat memberikan manfaat dalam dunia membuat kue dan roti, vanilla juga memiliki efek positif bagi kesehatan.

Berikut manfaat vanilla bagi kesehatan tubuh di antaranya:

  1. Vanilla dapat meningkatkan fungsi kerja otak
    Manfaat vanilla ternyata bisa meningkatkan fungsi kerja otak. Vanilla dapat membantu Mama dalam menjaga fokus saat berpikir.
  2. Vanilla bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular
    Manfaat vanilla berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan kardiovaskular. Vanilla memiliki bahan aktif yang bernama vanilin. Zat ini membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh sehingga dapat mencegah penyakit koroner.
  3. Vanilla baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit
    Bagi perempuan, kesehatan dan kecantikan kulit sangatlah penting. Mama bisa bisa mendapatkan manfaat vanilla sebagai bahan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit karena mengandung sifat antioksidan yang akan melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi.
  4. Vanilla sebagai anti inflamasi
    Seperti jahe, kunyit, kayu manis, dan herbal anti inflamasi lainnya, vanilla juga bisa sebagai anti inflamasi. Sehingga, manfaat vanilla sendiri dapat membantu meredakan peradangan.
  5. Vanilla mampu mengatasi stres
    Manfaat vanilla yang satu ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mental. Sebab, vanilla mampu meredakan stres. Dalam sebuah penelitian, kandungan vanilin pada vanilla memiliki sifat seperti fluoxetanine yang biasa digunakan pada obat untuk mengatasi depresi atau masalah obsesif kompulsif.

Sumber : Popmama
Foto : 123 RF

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: