Jangan Pencet Komedo Dengan Tangan!

Scroll down to content

Siapa yang tidak risih karena komedo? Saking risihnya terkadang pasti kita suka memencet komedonya karena menggangu penampilan, terutama pada wajah. Komedo merupakan benjolan yang berbentuk sangat kecil yang muncul pada pori-pori kulit, terutama pada kulit wajah. Tak jarang, komedo juga biasanya muncul di area-area tubuh seperti dada, punggung ataupun lengan. Komedo memang tidak menimbulkan rasa apapun. Komedo terbentuk dari tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel kulit mati dan minyak atau yang disebut dengan sebum.

Bila permukaannya tertutup lapisan kulit, komedo tersebut dinamakan komedo putih. Lain halnya jika permukaan kulit terbuka, yang bisa menyebabkan komedo berubah warna menjadi coklat atau kehitaman, karena terpapar oleh udara. Beberapa hal juga menyebabkan seseorang memiliki komedo berlebih seperti yang dilansir oleh Alodokter, antara lain :

  • Aktivitas testosterone dalam sel yang berlebihan
  • Rendahnya kadar linoleat pada sebum sehingga menyebabkan pengelupasan kulit dan menurunnya fungsi pertahanan kulit
  • Proses peradangan melibatkan sitokin-sitokin pro-inflamasi
  • Asam lemak bebas yang dihasilkan oleh bakteri
  • Kulit yang terlalu lembab (pre-menstrual atau di lingkungan yang lembap)

Perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat adalah kunci utama untuk mencegah timbulnya komedo. Jarang membersihkan wajah setelah beraktifitas juga berpotensi menjadi sarang komedo. Untuk itu, disarankan agar lebih sering membersihkan area yang berkomedo dengan sabun wajah, terutama sebelum tidur atau setelah beraktivitas, terutama jika menggunakan kosmetik. Nah, untuk yang suka memencet komedo, bukanlah salah satu cara yang tepat untuk menghilangkannya, karena justru akan membuat kulit menjadi lebih parah. Memencet komedo dapat mengakibatkan infeksi yang menimbulkan jerawat, terutama jika memencetnya menggunakan tangan yang tidak higienis.

Kotoran yang masuk pada pori-pori wajah membentuk infeksi, kemudian terbentuklah jerawat. Tidak hanya itu, memencet komedo juga dapat merobek kulit dan menimbulkan luka. Bila luka tersebut dibiarkan, tentu saja akan mengakibatkan infeksi, dan kondisi komedo akan semakin parah, seperti timbul peradangan di area kulit yang ditumbuhi komedo. Jika memencet komedo menggunakan kuku jari, juga akan meninggalkan bekas luka karena gesekan yang dapat menimbulkan kemerahan atau iritasi. Biasanya bekas luka tersebut susah hilang. Untuk itu, penting menjaga kebersihan wajah agar penampilan terlihat maksimal!

pic by briliostyle

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: