Rasakan Manfaat 6 Rempah Khas Nusantara yang Punya Khasiat Obat

Scroll down to content

Sejak dulu Indonesia memiliki beragam jenis rempah yang dapat digunakan dalam masakan maupun bermanfaat sebagai obat dan meningkatkan imun. Tak heran, negara-negara asing seperti Portugis, Belanda dan Jepang ingin merebut Indonesia dan menguasai rempah-rempah lokal yang kaya ini.

Namun tahukah Anda, salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi rempah-rempah. Rempah tradisional ini sebenarnya sudah tak asing lagi sebagai campuran dalam makanan atau minuman.

Berikut 6 rempah khas Nusantara yang punya khasiat sebagai obat :

  1. Jahe
    Selain dapat meredakan sakit perut dan mual, jahe juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh selama musim hujan karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat pengobatan dari jahe. Jahe terbukti memiliki senyawa antimikroba dan antiinflamasi yang ampuh untuk mengatasi flu maupun sakit tenggorokan. Anda bisa mengonsumsi jahe dengan mencampurkan dalam makanan atau membuatnya sebagai minuman wedang jahe.
  2. Bawang putih
    Tak hanya meningkatkan rasa masakan menjadi lebih lezat, bawang putih juga berguna untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan efektivitas sel darah putih. Bawang putih sangat mudah ditemukan dan diolah. Untuk merasakan manfaatnya, campurkan beberapa siung bawang putih dalam makanan dan tingkatkan asupan bawang putih ketika sedang merasa tidak enak badan.
  3. Kunyit
    Rempah berwarna kuning oranye ini banyak digunakan masyarakat Asia untuk mengobati beragam penyakit. Senyawa utama kunyit yakni Curcumin memiliki potensi untuk meningkatkan imunitas. Curcumin mengaktifkan sel darah putih dalam tubuh, yang pada gilirannya meningkatkan respons antibodi.
  4. Kayu manis
    Kayu manis juga telah digunakan untuk khasiat obatnya selama ribuan tahun. Ini melawan peradangan, menangkal infeksi dan menyembuhkan jaringan yang rusak. Kayu manis mengandung antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh, memiliki efek anti-diabetes dan bahkan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.
  5. Lengkuas
    Penelitian membuktikan bahwa ekstrak polisakarida pada lengkuas memiliki efek stimulasi pada pengembangan sejumlah sel untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, lengkuas mengandung sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengobati radang sendi atau artritis. Rempah yang sering disebut mirip dengan jahe ini juga dapat meredakan rasa tidak nyaman akibat radang perut dan bisul. Untuk mengatasi mual ataupun mabuk darat dan laut mual, kunyah beberapa iris lengkuas segar sebagai pengganti jahe.
  6. Temu kunci
    Temu kunci seringkali digunakan sebagai campuran dalam sayur bening (sayur bayam), urap-urap, atau sup ikan. Selain dapat menghasilkan cita rasa khas masakan, temu kunci juga bermanfaat sebagai obat. Temu kunci mengandung sifat anti-inflamasi yang sangat efektif untuk mengobati rematik, nyeri otot, asam urat, dan nyeri artritis. Dalam pengobatan tradisional, temu kunci juga dimanfaatkan untuk mengurangi nyeri pada rahim wanita.

Bahan rempah di atas tentunya mudah ditemukan. Tak perlu cemas jika Anda tak sempat pergi ke pasar untuk mendapatkan rempah dalam kondisi yang masih segar.

Sumber : CNN Indonesia
Foto : Shutterstock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: