Maksimalkan Ampas Teh dan Kopi Untuk Hal Berikut

Scroll down to content

Kopi dan teh adalah dua hal yang paling sering diminum oleh masyarakat Indonesia. Baik kopi maupun teh merupakan favorit masyarakat, yang juga dapat dilihat dari banyaknya warung kopi atau cafe-cafe baru yang menawarkan minuman sejenis berbasis kopi dan teh. Nah, yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat adalah ternyata ampas kopi dan teh sangat dapat berguna untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar kita. Biasanya, setelah mengkonsumsi baik kopi dan teh, ampasnya akan berujung pada tempat sampah. Namun, sebenarnya ampas kopi dan teh   dapat dimanfaatkan untuk hal lain yang lebih berguna dan tentunya dapat digunakan sebagai bahan alami kecantikan atau kebutuhan rumah tangga. Berikut adalah manfaat dari ampas kopi dan teh :

  • .Ampas kopi Sebagai Pengharum Toilet

Pastinya siapapun bisa risih kalau mencium toilet yang berbau tidak sedap. Coba manfaatkan ampas kopi untuk mengatasi bau – bau tidak sedap di toilet atau kamar mandi. Caranya pun cukup gampang yakni dengan menyalakan lilin didekat ampas kopi didalam toilet. Tinggalkan toilet sebentar, dan ketika kamu masuk ke toilet pasti baunya sudah pergi. Tanpa menyalakan lilin pun, ampas kopi cukup diletakkan dekat wastafel agar mengurangi bau-bau tidak sedap, meskipun memakan waktu sedikit lebih lama. Nah, jika kamu ingin cepat tercium aroma kopi, kamu bisa menggunakan lilin sebagai alternatifnya yah.

  • Ampas Kopi Sebagai Produk Perawatan Untuk Kulit

Kandungan di dalam ampas kopi memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat digunakan untuk eksfoliator kulit, mencerahkan wajah, menghilangkan komedo, mengecilkan pori-pori, dan mengencangkan kulit. Pengunaannya pun tidak sulit, karena hanya perlu mengoleskan sisa ampas kopi tersebut di wajahmu dan mendiamkan ampas kopi ini selama 10 menit kemudian bilas hingga bersih. Selain untuk wajah, ampas kopi juga bisa digunakan untuk membersihkan area ditubuh yang terlihat kusam, misalnya di telapak kaki atau lengan tangan.

  • Ampas Kopi Mengurangi Selulit

Adanya selulit memang tidak menyenangkan, terutama bagi para wanita. Nah, ternyata ampas kopi dapat menghilangkan selulit. Pemakaiannya cukup mudah, dengan mencapurkan ampas kopi dan body lotion lalu letakkan dibagian selulit tersebut kemudian digosok atau dipijat. Hal ini akan memfasilitasi pemecahan lemak dikulit yang akan menghilangkan selulit. Lalu diamkan selama setengah jam sebelum dibilas.

  • Ampas Teh dapat Menyamarkan Hitam pada Kantung Mata

Teh memiliki kandungan zat tanin dan juga zat antioksidan yang mampu ampuh untuk menghilangkan kantung mata yang menghitam. Caranya sangat mudah, cukup menyimpan kantung teh yang sudah tidak dipakai di dalam kulkas. Setelah dingin, aplikasikan dan letakkan kantung teh dingin tersebut di area mata selama 15 menit. Dengan pemakaian yang rutin tentunya hal ini dapat membantu menyamarkan hitam pada kantung mata.

  • Ampas Teh dapat Mengilangkan Bau pada Lemari Es

Biasanya, ketika lemari es penuh diisi dengan makanan, ketika pintu lemari dibuka, pasti kita biasa mencium aroma yang kurang sedap yang melakat. Belum lagi, ditambah dengan bau amis pada daging. Nah, menghilangkan bau ini, kamu dapat menggunakan beberapa kantung teh dan tempelkan di dinding lemari es dan diamkan selama beberapa hari. Bau tidak sedap akan terserap ke dalam kantung teh dan lama-kelamaan akan memudar dan menghilang.

pic by freepik

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: