Tips Untuk Rambut Mudah Lepek dan Kulit Kepala Berminyak

Scroll down to content

Memiliki kulit berminyak atau kulit oily memang bukanlah hal yang mudah untuk ditangani. Seseorang yang memiliki tipe kulit berminyak, akan terlihat pada kulit kepala, rambut dan wajah. Minyak pada kulit atau dikenal dengan sebum, terjadi karena kelenjar sebaceous menghasilkan terlalu banyak minyak di kulit. Selain kusam, ada juga ada juga yang terlihat mengkilap dan berkilau. Minyak memang baik untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, jika produksi minyak berlebih atau terlalu banyak, hal ini justru akan menimbulkan masalah lainnya. Jika kamu perhatikan, kulit wajah berminyak pasti rentan berjerawat. Hal ini wajat terjadi, kotoran akan sangat mudah menempel di kulit hingga akhirnya menyumbat pori-pori dan menjadi berjerawat.

Orang yang memiliki kulit berminyak umumnya memiliki tanda-tanda dan gejala seperti :

  • Kulit wajah terlihat lengket, mengkilap, basah, dan berkilau
  • Pori-pori terlihat besar dan jelas pada kulit wajah
  • Wajah mudah berjerawat
  • Banyak tumbuh komedo
  • Rambut mudah lepek karena kulit kepala yang berminyak

Kulit berminyak hampir tidak memungkinkan untuk dicegah. Namun, dengan memperbaiki kebiasaan yang kurang baik dalam merawat wajah pun, bisa mengurangi sedikit minyak pada kulit. Misalnya dengan tidak banyak mengkonsumsi produk susu, yang menjadi salah satu penyebab produksi minyak menjadi tidak seimbang, dan dapat merangsang kelenjar minyak di kulit dan bahkan menyebabkan jerawat. Selain itu, sebisa mungkin hindari makan makanan berminyak seperti gorengan, untuk mengurangi jerawat pada kulit. Kulit kepala memiliki kelenjar berminyak, dan makan makanan berminyak atau goreng mengirim kelenjar minyak ke seluruh tubuh. Hindari juga pemakaian riasan wajah yang terlalu tebal agar wajah agar tidak semakin berminyak yang berujung pada tersumbatnya pori-pori pada wajah. Anda juga bisa rutin menggunakan masker wajah untuk membantu mengendalikan produksi minyak di kulit.

Masker enjadi pilihan yang tepat untuk perawatan kulit berminyak. Menggunakan masker wajah yang mengandung mineral juga dapat menyerap minyak dan mengurangi kilau pada kulit tanpa mengiritasinya. Nah, untuk teman-teman yang memiliki masalah kulit berminyak, perhatikan pula kandungan pada produk sehari-hari yang kamu gunakan yah, agar tidak menimbulkan minyak berlebih lagi pada kulit.

sumber: hellosehat dan kompas lifestyle

pic by shutterstock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: