Happy 1st July International Fruit Day

Scroll down to content

Tanggal 1 Juli dipilih dan ditetapkan sebagai Hari Buah Sedunia atau International Fruit Day. Awalnya, Hari Buah ini dilaksanakan di Berlin, Jerman pada tahun 2007, namun kini seluruh dunia bahkan sudah melaksanakan Hari Buah, termasuk Indonesia. Masih banyak masyarakat yang lebih memilih untuk mengkonsumsi buah impor, dibanding buah lokal. Padahal, Indonesia sendiri adalah negara beriklim tropis dan berpotensi dalam menghasilkan buah-buahan lokal yang juga tidak kalah kualitasnya seperti buah impor pada umumnya. Dikutip dari laman Gaya Hidup Suara, berikut merupakan buah lokal yang kaya manfaatnya yang jarang diketahui masyarakat, antara lain :

  • Buah Manggis

Buah asam manis dengan dagingnya yang berwarna putih, memiliki kandungan antioksidan, antibiotik dan antivirus yang tinggi. Buah ini dapat meredakan kelelahan dan mengatasi masalah vertigo.

  • Buah Belimbing

Buah berwarna kuning yang bentuknya menyerupai bintang merupakan buah lokal dengan kandungan vitamin E yang tinggi, yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

  • Buah Salak

Buah dengan ciri khas kulit bersisik yang sering kita jumpai pada menu asinan buah, memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor dan zat besi. Buah salak manfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan mata.

  • Rambutan

Buah dengan bentuk bulat dan ditutupi rambut ini, mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi yang menjaga tubuh dari radikal bebas, serta mempertahankan kesehatan dan imunitas tubuh.

  • Buah Duku

Buah duku dengan khas nya yang berukuran kecil namun memiliki kandungan protein, karbohidrat, lemak, mineral, kalsium, fosfor, zat besi yang dapat menguatkan gigi, mencegah penyakit kanker, mengatasi diare, membentuk kolagen untuk kesehatan serta kekencangan kulit.

Mengkonsumsi buah-buahan setiap hari sangat dianjurkan bagi setiap orang, karena mengandung vitamin dan mineral, yang mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. selain itu, buah juga mengandung serat yang tinggi untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: