Ini Dia 8 Makanan yang Baik untuk Paru-Paru

Scroll down to content

Sistem pernapasan, termasuk di dalamnya paru-paru, punya peran penting untuk menjaga kesehatan secara utuh. Paru-paru berfungsi menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Untuk itulah dibutuhkan asupan makanan yang bisa menyehatkan sel-sel paru Anda. Beberapa makanan kaya nutrisi ditemukan dapat mengurangi kerusakan paru-paru. Berikut makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru, dilansir dari Healthline.

  1. Buah Bit
    Bit mengandung senyawa yang dapat mengoptimalkan fungsi paru-paru. Bit kaya akan nitrat yang telah terbukti bermanfaat menjaga fungsi paru-paru. Nitrat membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengoptimalkan proses pengambilan oksigen. Selain itu, bit juga dikemas dengan kandungan magnesium, potasium, vitamin C, dan senyawa antioksidan yang semuanya penting untuk kesehatan paru-paru.
  2. Apel
    Sejumlah penelitian telah menunjukkan, konsumsi apel secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru. Konsumsi lima atau lebih apel per pekan ditemukan dapat memperkuat fungsi paru-paru dan menurunkan risiko penyakit paru obstruktif kronis (COPD). Asupan apel juga ditemukan dapat menekan risiko asma dan kanker paru-paru. Kandungan antioksidan dalam apel seperti flavonoid dan vitamin C disebut berkontribusi memberikan manfaat satu ini.
  3. Labu
    Labu mengandung berbagai senyawa yang mempromosikan kesehatan paru-paru. Labu kaya akan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, dengan sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat. Studi menunjukkan bahwa kadar karotenoid dalam darah yang tinggi dapat memperkuat fungsi paru-paru pada orang dewasa.
  4. Kunyit
    Kunyit telah lama dikenal sebagai obat herbal karena sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dimilikinya, termasuk untuk paru-paru. Sebuah studi yang dilakukan terhadap 2.478 orang menemukan bahwa asupan kunyit dapat meningkatkan fungsi paru-paru, terlebih pada kelompok perokok.
  5. Tomat
    Tomat menjadi salah satu sumber likopen dan karotenoid terbaik. Keduanya diketahui dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Konsumsi tomat terbukti mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan meningkatkan fungsi paru-paru pada orang dengan COPD.
  6. Teh Hijau
    Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) yang ada di dalam teh hijau bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Kandungan tersebut telah terbukti dapat menghambat fibrosis paru atau jaringan akut pada paru. Fibrosis paru merupakan penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan jaringan akut pada paru yang progresif. Beberapa penelitian menemukan bahwa EGCG dapat membantu mengatasi fibrosis paru. Sejumlah ahli juga menemukan beberapa pasien yang telah sembuh dari Covid-19 mengalami komplikasi berupa fibrosis paru.
  7. Edamame
    Kacang edamame mengandung senyawa antioksidan yang disebut isoflavon. Diet kaya isoflavon ditemukan dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, termasuk COPD. Asupan isoflavon juga secara signifikan dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan mengurangi gejala sesak napas.
  8. Minyak Zaitun
    Minyak zaitun dikenal kaya akan manfaat kesehatan, salah satunya untuk paru-paru Sebuah penelitian yang melibatkan 871 peserta menemukan bahwa asupan minyak zaitun dapat menekan risiko asma. Selain itu, diet Mediterania yang kaya akan minyak zaitun juga telah terbukti bermanfaat untuk paru-paru pada perokok serta orang-orang dengan COPD dan asma.

Sumber : Healthline
Foto : Yourhealth

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: