Rasakan Manfaat Bermain Bowling untuk Kesehatan Tubuh Anda

Olahraga Bowling merupakan olahraga sosial yang bisa dilakukan dengan keluarga di akhir pekan. Sayangnya, olahraga ini kurang populer di Indonesia. Padahal seperti olahraga lainnya, bowling juga menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Tidak hanya bisa menjadi kegiatan yang akan mempertemukan Anda dengan teman-teman yang telah lama tak berjumpa, ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda lebih rutin bermain bowling. Berikut beragam manfaat olahraga bowling untuk Anda.

Meningkatkan kekuatan dan kekencangan otot

Saat melakukan olahraga bowling, Anda akan banyak berjalan sambil membawa bola yang bebannya cukup berat. Biasanya, berat bola bowling berada di kisaran 7-8 kg untuk pemain laki-laki, sedangkan untuk pemain perempuan beratnya sekitar 5-7 kilogram. Bekerja dengan beban inilah yang nantinya akan melatih otot tubuh bagian bawah. Selain itu, ketika Anda melakukan gerakan mengayunkan bola dengan lengan, Anda akan melatih otot pada tendon, ligament, dan persendian di lengan Anda sekaligus.

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat ini tentunya merupakan kabar baik bagi Anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan. Bowling akan membantu Anda yang ingin menjaga berat badan dengan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Memang, pergerakan dalam olahraga bowling tidak sebanyak dan bervariasi seperti olahraga lain, tapi jika dilakukan secara konstan dapat membantu pembakaran lemak yang lebih maksimal. Dilansir dari laman Mayo Clinic, melakukan bowling selama satu jam bisa membakar sebanyak 219-327 kalori tergantung pada berat badan Anda. Bahkan jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan melakukan jalan cepat sepanjang dua kilometer selama satu jam.

Bowling melatih koordinasi tangan dan mata
Inti dari permainan bowling adalah mengayunkan bola pada landasan bowling agar bisa meruntuhkan pin. Semakin banyak pin yang terkena bola, maka akan semakin tinggi pula skor yang Anda dapatkan. Selain melatih kekuatan lengan, Anda juga membutuhkan koordinasi antara tangan dan mata yang baik. Untuk mengenai semua target, Anda harus mengetahui dari arah mana dan bagaimana Anda harus mengayunkan lengan. Tentunya hal pun memerlukan strategi yang tepat.

Fokus ini dapat melatih kewasapadaan mental, konsentrasi, serta meningkatkan keterampilan motorik tubuh. Semakin sering Anda berlatih, akan semakin baik juga kerja koordinasi tangan dan mata.

Mengurangi risiko berbagai penyakit
Manfaat bowling selanjutnya adalah bisa menjauhkan Anda dari risiko terhadap berbagai masalah kesehatan. Salah satunya, bowling dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah yang akan sangat berguna untuk mencegah diabetes.Rutin berlatih bowling juga akan memperbaiki sirkulasi oksigen dalam darah, mengendalikan tekanan darah, dan meningkatkan kepadatan tulang. Terlebih lagi, berlatih bowling secara berkala dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Gerakan-gerakan sederhana ditambah dengan beban dari bola bowling akan merangsang otot jantung yang nantinya jika sering digunakan akan mengurangi risiko penyakit jantung.

Sumber : Hello Sehat
Foto : Pinterest

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: