Biji Selasih, Kecil-Kecil Mengandung Sejuta Manfaat

Scroll down to content

Siapa yang tidak kenal dengan biji selasih? Tentu saja, semua orang mengetahuinya. Biji yang ukurannya sangat kecil ini berasal dari tumbuhan basil. Tanaman selasih tergolong ke dalam familia tumbuhan Labiatae. Biji selasih juga dikenal dengan sebutan selaseh, telasih, amping, atau kukuru yang dimanfaatkan sebagai topping tambahan pada minuman dingin, seperti es dan sirup buah atau timun suri atau blewah. Walaupun ukurannya kecil, biji selasih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Kandungan aktif utama dalam biji selasih antara lain serat makanan, vitamin K, zat besi, protein, fitokimia, senyawa polifenolik, orientin, vicentin, hingga antioksidan kuat lainnya. Nah, inilah yang membuat biji selasih mengandung beberapa manfaat kesehatan, antara lain sebagai berikut :

  • Memperbaiki Insomnia

Biasanya para penderita insomnia harus mengkonsumsi pil tidur agar bisa tertidur lelap. Namun, ternyata ada cari lain untuk mengatasinya, yakni dengan mengkonsumsi biji selasih.  Biji selasih ini memiliki kandungan zat sedative atau zat yang membantu menenangkan, dan memberikan efek hingga timbul rasa kantuk.

  • Menyembuhkan Sakit Kepala

Selain dinikmati pada minuman dingin, biji selasih juga bisa dikonsumsi dengan cara direbus. Merebus biji selasih bersama jahe dan buah angco dapat menyembuhkan sakit kepala. Adanya kandungan zat sedative pada biji selasih dapat menghilangkan rasa sakit. Selain itu, biji selasih lebih aman dikonsumsi sebagai obat sakit kepala karena memiliki sifat analgetic.

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Biji selasih dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah dalam tubuh, menetralkan racun, dan membuat kulit tubuh lebih lancar dengan cara mengeluarkan keringat.

  • Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Saluran pencernaan memang paling langganan menjadi tempat bertumbuhnya bakteri jahat. Biji selasih mengandung serat prebiotik yang disebut pektin, yang memiliki fungsi untuk meningkatkan bakteri baik dalam usus. Bakteri-bakteri ini membantu proses pencernaan serta mencegah penyakit pada saluran cerna akibat bakteri jahat. Kandungan pektin tersebut juga memberikan rasa kenyang, sehingga membantu mengendalikan nafsu makan, dan sangat tepat untuk teman-teman yang sedang melaksanakan diet.

Ternyata, selain manfaat diatas, biji selasih ini juga dapat dijadikan sebagai bahan aromaterapi, karena memiliki efek menenangkan dan dapat memperbaiki suasana hati. Tidak hanya itu, biji selasih juga dapat menyembuhkan kelelahan, saraf tegang, migrain dan mengurangi depresi. Wah, ternyata kecil-kecil banyak manfaat yah. Penasaran apakah betul khasiat biji selasih seperti yang telah disebutkan? Nah, kamu bisa mencobanya dan rasakan perbedaannya.

Sumber: diambil dari beberapa sumber

pic by shutterstock

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: