Mari Berkaca Warna Lidah Kamu dan Cari Tau Artinya Disini

Scroll down to content

Lidah merupakan salah satu indera manusia yang berfungsi untuk mengecap, menelan, dan berbicara. Selain mengecap rasa, membantu mengunyah, dan menelan makanan, lidah dapat dijadikan sebagai petunjuk kondisi kesehatan. Contohnya, jika kita berkunjung ke dokter untuk pemeriksaan, dokter pasti akan meminta pasien untuk menjulurkan lidah. Pasalnya, kesehatan seseorang dapat terlihat dari warna lidahnya. Lidah sehat umumnya ditandai dengan permukaan yang berwarna merah muda dan terlihatnya bintil-bintil atau disebut juga dengan papillae. Untuk sebagian dokter, mereka akan cepat mengetahui penyakit yang sedang diderita pasien, murni karena deteksi awal dari lidah. Beragam gangguan kesehatan dapat menyebabkan perubahan pada warna dan tekstur lidah.Dilansir dari situs Alodokter, berikut adalah perubahan warna lidah yang wajib untuk diketahui, antara lain :

  • Lidah berwarna putih

Pada bayi, lidah berwarna putih sudah pasti disebabkan sisa-sisa susu yang menempel dalam mulut. Lalu bagaimana lidah putih pada orang dewasa? Lidah berwarna putih, sering terjadi pada orang yang kurang minum air putih (dehidrasi), gejala adanya jamur mulut, faktor umur, terutama pada lansia yang menggunakan gigi palsu, penderita diabetes, jantung, atau asma. Bisa jadi warna putih juga mengindikasikan adanya iritasi mulut dan gejala awal kanker, umumnya sering terjadi pada perokok.

  • Lidah berwarna merah

Lidah sehat biasanya berwarna merah muda. Namun, lidah berwarna merah terang atau bahkan keunguan bisa menandakan adanya suatu penyakit. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan lidah menjadi kemerahan, terutama pada defisiensi vitamin B12 dan asam folat. Namun, jika kebutuhan vitamin B terpenuhi, lidah akan kembali ke warna normalnya. Jadi, coba perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan asam folat. Vitamin B12 banyak terkandung pada makanan hasil olahan laut, seperti kerang, kepiting, ikan sarden, ikan salmon, dan ikan tuna. Selain itu, perbanyak juga konsumsi produk makanan nabati, seperti rumput laut, jamur, dan tempe.

  • Lidah berwarna kuning

Lidah berwarna kuning biasanya disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang berlebihan. Namun, ada juga beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan lidah menjadi berwarna kuning, yaitu merokok, mengonsumsi vitamin tertentu, psoriasis, atau penyakit kuning.

  • Lidah berwarna hitam

Meskipun warnanya beurbah menjadi hitam, bukan berarti tandanya sangat berbahaya bagi tubuh. Lidah berubah warna menjadi hitam dapat terjadi pada orang yang menjalani kemoterapi, mengonsumsi antibiotik, dan pada orang yang tidak menjaga kebersihan mulut.

Nah, setelah membaca ini, kamu pasti langsung melihat warna lidahmu, kan?  Memiliki lidah sehat merupakan salah satu kunci hidup yang berkualitas. Maka dari itu, jangan lupa untuk menyikat gigi dan membersihkan lidah secara teratur serta menjalani pola hidup sehat, dengan tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol. Selain itu, jangan lupa pula untuk melakukan pemeriksaan berkala kesehatan gigi dan mulut Anda ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali.

sumber: alodokter

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: